HUBUNGAN PENERAPAN KEDISIPLINAN DENGAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR SISWA DI UPTD SMP NEGERI 27 BARRU

  • Sartikul Abadiah STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Nashruddin Nashruddin STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Taufik Taufik STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
Keywords: kedisiplinan, minat belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Untuk sumber data pada penelitian ini, jumlah populasi adalah 249 siswa dengan sampel 37 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan rumus
product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan kedisiplinan terhadap penumbuhan minat belajar siswa di UPTD SMP Negeri 27 Barru. Hal ini dapat dilihat pada nilai signifikansi pada nilai yang lebih besar,
atau 12,904 > 2,030. Kekuatan hubungan penerapan kedisiplinan dengan penumbuhan minat belajar siswa di UPTD SMP Negeri 27 Barru
mencapai angka 0,46 yang berarti hubungan tersebut berada pada kategori cukup tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Ekonomi Pada Pokok Bahasan Kebutuhan Manusia di SMA Negeri 1 Selesai Kabupaten Langkat T.P 2014/2015. (Sarjana Skripsi), Unimed, Medan.

Al-Obaydi, L. H., Doncheva, J., & Nashruddin, N. (2021). EFL COLLEGE STUDENTS’SELF-ESTEEM AND ITS CORRELATION TO THEIR ATTITUDES TOWARDS INCLUSIVE EDUCATION. Воспитание/Vospitanie-Journal of Educational Sciences, Theory and Practice, 16(1), 27-34.

Amalia, R. N., & Puspytasari, H. H. (2018). Analisis Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional terhadap Akses Orang Miskin pada Pendidikan. Perspektif Hukum, 315-327.

Anni, C. T., & Rifa’i, A. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233-238.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (4 ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hendra, S. (2004). Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hurlock, B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Ihsan, M. Z. (2018). Peran konsep diri terhadap kedisiplinan siswa. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 2(1), 1-11.

Nashruddin, N. (2019). Teknik Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Non-Jurusan Bahasa Inggris. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 184-190.

Nashruddin, N., & Al-Obaydi, L. H. (2021). Linguistics Politeness in Reinforcing Character During Learning Activities. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 8(1), 210-217.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

Padil, P., & Nashruddin, N. (2021). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 25-36.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 66 C.F.R. (2013).

Rachmawati, N. D., & Noe, W. (2014). Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn di Sekolah Dasar Negeri Sumber Jaya 04 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR), 2(2), 20-25.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Syafrina, N. (2017). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. suka fajar pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 8(4), 1-12.

Utami, S. W. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66.

Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329-338.

Published
2022-09-30
How to Cite
Abadiah, S., Nashruddin, N., & Taufik, T. (2022). HUBUNGAN PENERAPAN KEDISIPLINAN DENGAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR SISWA DI UPTD SMP NEGERI 27 BARRU. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(2), 73-81. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/169