PERAN ORANG TUA MENDIDIK ANAK USIA DINI DI JORONG SUNGAI KALANG 2 TIUMANG DHARMASRAYA

  • Kurni Seti Yunita IAIN Bukit Tinggi, Indonesia
  • Afrinaldi Afrinaldi IAIN Bukit Tinggi, Indonesia
Keywords: peran orang tua, mendidik anak, usia dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dari hasil observasi penulis tentang peran orangtua mendidik anak usia dini di Jorong Sungai Kalang 2 Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Hal ini dikarenakan orangtua membiarkan anak lebih sering menggunakan HP. Orangtua merasa senang anak menjadi pintar, dan orangtua merasa khawatir anak sering menggunakan HP tidak bisa berinteraksi di lingkungan, anak belum bisa bersikap mandiri. Peran orangtua dalam mendidik anak usia dini menurut Anwar dan Ahmad, yaitu orangtua sebagai guru pertama dan utama, mengembangkan kreatifitas anak, meningkatkan kemampuan otak anak, dan mengoptimalkan potensi anak. Peran orangtua dalam mendidik anak usia dini menurut Siregar yaitu, memantau perkembangan akademik anak, memantau perkembangan kepribadian sikap, moral dan perilaku anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis memperoleh melalui observasi dan wawancara. Pada penelitian ini menggunakan 3 informan kunci yaitu orangtua YN, orangtua IN, orangtua AR dan 3 informan pendukungnya yaitu tetangga YN, tetangga IN, dan kerabat AR. Teknik analisis data yang penulis lakukan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan untuk keabsahan data penulis melakukan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa peran orangtua mendidik anak usia dini di Joronng Sungai Kalang 2 Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya sudah melakukan peran orangtua sebagai pembimbing yang meliputi orangua sebagai guru pertama yang akan membimbing anak belajar di rumah, orangtua membantu perkembangan kretifitas anak, orangtua membantu meningkatkan keampuan perkembangan anak, dan peran orangtua sebagai pendidik meluputi orangtua menyediakan fasilitas belajar anak dan cara orangtua mambantu mengoptimalkan potensi anak. Namun, anak belum mampu untuk bersikap seperti yang orangtua ajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun, Q. (2015). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling. (Doctoral dissertation), Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini: Teori dan Metode Pengembangan. Jawa Barat: Edu Publisher.

Aswar, A., & Nashruddin, N. (2020). RAMBU-RAMBU BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (PERSPEKTIF MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH). Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 5(2), 45-55. doi: https://doi.org/10.32923/sci.v5i2.1391

Ebbutt, D. (1985). Educational action research: some general concerns and specific quibbles. In R. Burgess (Ed.), Issues in educational research: qualitative methods. Lewes: The Falmer Press.

Elliott, J. (1991). Action Research for Educational Change. Milton Keynes: Open University Press.

Faisal, S. (1981). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Ghalia Indo.

Hainstock, E. G., & Havis, L. (1997). Teaching Montessori in the Home: Pre-School Years: The Pre-School Years. London: Penguin.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jailani, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 187-198.

Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). Pemberian tugas terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas xi smk. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-13. doi: https://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i1.284

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.

Permono, H. (2013). Peran Orangtua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS, Surakarta.

Senjari, I. (2017). Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Perspektif Hadist. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Surakarta.

Susanti, A. (2018). KIAT-KIAT ORANG TUA TANGGUH MENJADIKAN ANAK DISIPLIN DAN BAHAGIA. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 25-31.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.

Usman, A. S. (2017). Tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak dalam perspektif islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 112-127.

Yoder, J. R., & Lopez, A. (2013). Parent’s perceptions of involvement in children’s education: Findings from a qualitative study of public housing residents. Child and adolescent social work journal, 30(5), 415-433.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150

Published
2022-03-02
How to Cite
Yunita, K. S., & Afrinaldi, A. (2022). PERAN ORANG TUA MENDIDIK ANAK USIA DINI DI JORONG SUNGAI KALANG 2 TIUMANG DHARMASRAYA. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 62-72. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/167