PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DAN FASILITATOR DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Rizky Ramadhani Putrawijaya Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Muhammad Sholihuddin Zuhdi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
Keywords: orang tua, pembelajaran, fasilitas

Abstract

Pada 30 Januari 2020, World Health Organization (WHO) menetapkan adanya virus yang bernama Covid-19. Di saat itu, tatanan kehidupan di seluruh dunia berubah secara drastis mulai dari perekonomian, pendidikan, sosial, dan lain sebagainya. PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) melalui WHO memutuskan bahwasanya untuk menghentikan segala bentuk aktifitas yang mengundang keramaian atau kerumunan. Hal ini diterima oleh pemerintah Indonesia untuk diterapkan melalui Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020 perihal pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini di dunia Pendidikan. Sistem belajar tatap maya menjadi pilihan pemerintah Indonesia agar proses belajar mengajar tetap lanjut di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Dari sistem belajar tatap maya ini, ada beberapa dampak yang muncul. Salah satunya ialah orang tua dan guru yang belum sepenuhnya mengerti tentang sistem belajar daring ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam kasus ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan wawancara kepada para sampel yang terpilih. Sebagian orang tua ada yang sudah siap dan sebagian juga ada yang belum siap. Orang tua sudah mempersiapkan atau memfasilitasi kebutuhan pembelajaran daring anak. Meskipun setiap orang tua berbeda dalam memberikan fasilitas, tapi tujuannya sama yaitu agar anaknya tetap bersekolah atau mengikuti pembelajaran walaupun dari rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Fasilitator Anak Dalam Proses Pembelajaran Online Di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105-117.

Astini, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

He, F., Deng, Y., & Li, W. (2020). Coronavirus disease 2019: What we know? Journal of medical virology, 92(7), 719-725.

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85-98.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi, 4(2), 549-558.

Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Persepsi orang tua dalam memanfaatkan durasi penggunaan gadget untuk anak usia dini saat situasi pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1), 63-82.

Nashruddin, N., Alam, F. A., & Tanasy, N. (2020). Perceptions of teacher and students on the Use of e-mail as a medium in distance learning. Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities, 3(2), 182-194. doi: https://doi.org/10.33019/berumpun.v3i2.40

Nashruddin, N., & Tanasy, N. (2021). School Policies on the Use of Android Devices in Students Learning Activities during the Covid-19 Pandemic Condition. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 66-73.

Nurhasanah, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Kelompok B. 5 Tk Kemala Bhayangkari Bone. Yaa Bunayya, 2(2), 58-67.

Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809-4818.

Singh, V., & Thurman, A. (2019). How many ways can we define online learning? A systematic literature review of definitions of online learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289-306. doi: https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.

Published
2022-03-02
How to Cite
Putrawijaya, R. R., & Zuhdi, M. S. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DAN FASILITATOR DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 55-61. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/166