OPTIMALISASI LAYANAN BK DI SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN CYBERCOUNSELING SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI NARKOLEMA PADA PELAJAR
Abstract
Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh pada masa pandemi secara tidak langsung memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa mengakses konten narkolema. Narkolema adalah pornografi yang dapat di akses manusia lewat mata yang dapat merusak otak. Layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah seharusnya mampu untuk mereduksi siswa dalam mengakses konten tersebut dan salah satu layanan yang dapat digunakan adalah cybercounseling. Tujuan dari artikel adalah untuk mengetahui strategi optimalisasi layanan BK di sekolah dalam pelaksanaan cybercounseling sebagai upaya mereduksi narkolema pada pelajar. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian studi pustaka dengan menghimpun dan mengkaji menggunakan sumber literatur berupa buku, artikel prosiding, jurnal nasional maupun jurnal internasional yang berkaitan dengan variabel penelitian. Didapatkan hasil Guru Bimbingan dan Konseling dengan berbagai permasalahannya diharuskan mampu mereduksi akses siswa berkaitan dengan narkolema melalui cybercounseling. Pelaksanaan cybercounseling dapat berbentuk konseling virtual melalui aplikasi video conference (zoom/video call whatsapp), atau aplikasi messenger (facebook messengger/whatsapps), selain itu juga dapat didukung dengan pembuatan Papan Bimbingan Online dengan website serta penggunaan sosial media untuk memberikan kesempatan interaksi dua arah antar guru BK dan siswa. Dengan adanya perkembangan tersebut, maka sudah selayaknya guru bimbingan dan konseling meningkatkan pemahaman dan kemampuan berkaitan dengan cybercounseling. Hal tersebut dilakukan agar guru BK mampu untuk memberikan layanan melalui internet dalam bentuk cybercounseling agar dapat menjangkau siswa tanpa mengenal waktu dan jarak.
Downloads
References
Angelina, P. R., Dewi, R. S., Khairani, A., & ... (2020). E-Sistem BK Berbasis Web untuk Meningkatkan Akuntabilitas Manajemen Bimbingan dan Konseling. … Daring IIBKIN 2020, 2000(1). http://conference.um.ac.id/index.php/bk3/article/view/306
Astrika, F., Eka, A., & Yuneta, N. (2021). Penyuluhan Tentang Narkolema Pada Remaja di Kelurahan Wonorejo Kabupaten Karanganyar The Health Education of Narkolema for Adolescents In Wonorejo Karanganyar. 9(2), 47–54.
Budianto, A. E., Aziz, A., & Hidayah, N. (2019). ICT application in cyber counseling as a teacher accelerator with optimizing WhatsApp based mobile computing. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012006
Daempal, Y. S. (2021). MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA BUNDA HATI KUDUS JAKARTA. 12(April), 1–13.
Delarosa, A. (2019). Administrasi Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling. https://doi.org/10.31227/osf.io/bqj92
Devita Ayu Mei Dina, Annisa Sofiana, Novia Wahyuningtyas, C. P. B. (2016). APLIKASI CYCO (CYBER COUNSELING): ALTERNATIF MODEL KONSELING DI SEKOLAH. In Prosidining Seminar Nasional Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
Dewi, R. (2019). Upaya Pencegahan Narkolema (pornografi) pada Peserta Didik dengan Layanan Informasi di SMP 2 Hulu Sungkai Lampung Utara. Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam.
Dianto, M., & Putri, B. N. D. (2019). Media Pelayanan Bimbingan Konseling dan Tantangan Konselor dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, April, 99–104.
Fahyuni, E. F., Romadlon, D. A., Hadi, N., Haris, M. I., & Kholifah, N. (2020). Model aplikasi cybercounseling Islami berbasis website meningkatkan self-regulated learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 93–104. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.34225
Hasyim, W., Arafah, A. N. B., Shaqylla, S., & Saleh, U. (2018). Mengenali Kecanduan Situs Porno Pada Remaja: Gambaran Mengenai Faktor Penyebab Dan Bentuk Kecanduan Situs Porno Remaja. Jurnal Psikologi TALENTA, 3(2), 41. https://doi.org/10.26858/talenta.v3i2.6524
Hidayat, W., Suryana, Y., & Fauziah, F. (2020). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 346. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1004
Hootsuite & We are Social. (2020). Indonesian Digital Report 2020. Global Digital Insights, 247. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
KIRANA, D. L. (2019). Cybercounseling Sebagai Salah Satu Model Perkembangan Konseling Bagi Generasi Milenial. Al-Tazkiah, 8(1), 51–63. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i1.1101
Kusmanto, A. S. (2013). Penggunaan Media Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muria Kudus, 53(9), 1689–1699.
MACHYUDIN AGUNG HARAHAP, S. A. (2021). Aksesibilitas Anak Terhadap Media : Internet Sehat Bagi Anak. 8(1).
Maisya, I. B., & Masitoh, S. (2020). Derajat Keterpaparan Konten Pornografi Pada Siswa Smp Dan Sma Di Dki Jakarta Dan Banten Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2), 117–126. https://doi.org/10.22435/kespro.v10i2.2463
Mochamad Nursalim. (2017). PERAN KONSELOR DALAM MENGANTISIPASI KRISIS MORAL ANAK DAN REMAJA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA “BARU.” 59–65.
Nashruddin, N., & Tanasy, N. (2021). School Policies on the Use of Android Devices in Students Learning Activities during the Covid-19 Pandemic Condition. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 66-73.
Pasmawati, H. (2016). CYBER COUNSELING SEBAGAI METODE PENGEMBANGAN LAYANAN KONSELING DI ERA GLOBAL.
Prasetiawan, H., & Prasetiawan, H. (2016). Cyber Counseling Assisted With Facebook To Reduce Online Game Addiction. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 28. https://doi.org/10.24127/gdn.v6i1.409
Purwaningsih, S. &. (2020). Faktor-Faktor Determinasi Narkolema. Intan Husada, 8(1), 36–47.
Ramli, M., Hidayah, N., Eva, N., Hanafi, H., & Saputra, N. M. A. (2020). Pengembangan Kompetensi Bk Online Pada Guru Sekolah Menengah Atas Kota Malang. Prosiding Hapemas, 1(1), 496–509. http://conference.um.ac.id/index.php/hapemas/article/view/285
Robiatur Rohmah. (2019). Urgensi Manajemen Bimbingan Konseling dalam Melahirkan Peserta Didik Berkarakter. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 102–115. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.174
Saputra, N. M. A., Hidayatullah, H. T., Abdullah, D., & Muslihati. (2020). Pelaksanaan Layanan Cyber Counseling pada Era Society 5.0: Kajian Konseptual. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 5, 73–79.
Su’ainah, Aliman, O. J. (2019). Manajemen Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMA. https://doi.org/10.31227/osf.io/mzy3d
Sudirman. (2020). Optimalisasi Peran Konselor Sekolah Dengan Implementasi Aplikasi Layanan Bimbingan & Konseling ( e - Konseling ) Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Mahajana Informasi, 5(1), 85–93.
Winarti, Y., & Sunarti, S. (2020). Pendidik Sebaya Sebagai Metode alternatif dalam Peningkatan Pengetahuan Mencegah Narkolema (Narkoba Lewat Mata) pada Siswa SMPN 4 Di Samarinda. Jurnal Dunia Kesmas, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.33024/jdk.v9i2.1531