KESEJAHTERAAN EMOSIONAL PEDAGANG KAKI LIMA DI MASA PANDEMI

  • Mumtaz Afridah IAIN Syekh Nurjati, Indonesia
  • Iis Rahmawati IAIN Syekh Nurjati, Indonesia
  • Launiz Zamardah IAIN Syekh Nurjati, Indonesia
  • Muhamad Fahri H IAIN Syekh Nurjati, Indonesia
  • Salsabila Salsabila IAIN Syekh Nurjati, Indonesia
Keywords: Covid-19, pedagang, kesejahteraan emosional

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini berangkat dari keadaan Indonesia serta seluruh dunia yang belakangan diketahui sedang menghadapi pandemi akibat COVID-19. Banyak usaha yang telah dilakukan pemerintah Indonesia demi menghambat laju pertumbuhan virus Covid-19. Salah satu diantaranya adalah dengan melakukan lockdown atau yang hadir dalam istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dalam penerapannya untuk menghambat penularan Covid-19, terdapat cukup banyak dampak negatifnya pula bagi kegiatan sosial masyarakat Indonesia, terkhususnya masyarakat yang manyandarkan kebutuhan ekonominya untuk hidup dengan berdagang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu kondisi kesejahteraan emosional masyarakat yang menghidupi kebutuhan sehari-hari serta keluarganya dengan berdagang di pinggir jalan selama masa pandemi berlangsung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode kualitatif. Kriteria subjek yang dipakai adalah seorang pedagang kecil atau pedagang jalanan yang sangat terdampak dengan keadaan pandemi sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afridah, M., Wahyuningsih, H., & Nugraha, S. P. (2018). Efektivitas Pelatihan Keajaiban Doa Islami Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Emosi Pada Siswa SMK" X" Di Yogyakarta. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 10(1), 19-31.

Barchard, K. (2004). Does Emotional Intelligence Assist in the Prediction of Academic Success? Education and Psychological Measurement, 63(5), 840-858.

Biswas-Diener, R. (2008). Material wealth and subjective well-being. The science of subjective well-being, 307-322.

Bluth, K., Campo, R. A., Futch, W. S., & Gaylord, S. A. (2017). Age and gender differences in the associations of self-compassion and emotional well-being in a large adolescent sample. Journal of youth and adolescence, 46(4), 840-853.

Budiarto, Y. (2018). SOCIAL WELL-BEING, PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN EMOTIONAL WELL-BEING: STUDI KAUSAL KOMPARATIF PADA PRAKTISI SENI BELA DIRI BIMA DAN KEBUGARAN FISIK. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 16(1), 18-28.

Cherniss, C. (2001). Emotional Intelligence and Organizational Effectiveness. In C. Cherniss & D. Goleman (Eds.), The emotionally intelligent workplace. San Francisco: Jossey-Bass.

Diener, E. (1984). Subjective Well-Being. Psychological Bulletin, 95, 542–575.

Efriana, L. (2021). Problems of online learning during covid-19 pandemic in EFL classroom and the solution. JELITA, 38-47.

Fuad, M. (2015). Psikologi Kebahagiaan Manusia. Jurnal Komunika, 9(1), 112.

Goleman, D. (2002). Emotional Intelligence: Issues in Paradigm Building. In C. Cherniss & D. Goleman (Eds.), The Emotional Intelligent Workplace (pp. 13-26). San Francisco: Jossey-Bass.

Gugus. (2020). Percepatan Penanganan COVID-19. Situasi virus corona – Covid19.go.id. Gov Repub Indonesia. 2020, from https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/

Keyes, C. L. M., Shmotkin, D., & Ryff, C. D. (2002). Optimising well-being: The empirical encounter of two traditions. Journal of Personality and Social Psychology, 82, 1007-1022.

Mappiare, A. T. (2009). Dasar-Dasar Metodologi Riset Kualitatif untuk Ilmu Sosial dan Profesi. Malang: Jenggala Pustaka Utama.

Nadhiroh, Y. (2017). PENGENDALIAN EMOSI. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 2(01), 53 – 62.

Nashruddin, N., & Tanasy, N. (2021). School Policies on the Use of Android Devices in Students Learning Activities during the Covid-19 Pandemic Condition. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 66-73.

Nelson, D. B., & Low, G. R. (2011). Emotional intelligence. Boston: Prentice Hall.

Pratiwi, H., & Ahmad, R. (2020). Kebahagiaan (Happiness) Siswa yang Berasal dari Keluarga Ibu Single Parent. Jurnal Neo Konseling, 2(4).

Raharja, B. N., & Indati, A. (2018). Kebijaksanaan dan kepuasan hidup pada remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(2), 96-104.

Rosenstein, A., & Stark, D. (2015). Emotional Intelligence: a critical tool to understand and improve behaviors that impact patient care. Journal of Psychology and Clinical Psychiatry, 2(1), 1-4.

Santrock, J. W. (2012). Life Span Development: Lifespan Development (Vol. 1). Jakarta: Erlangga Publisher.

Seligman, M. E. (Ed.). (2002). Positive psychology, positive prevention, and positive therapy. Handbook of positive psychology (Vol. 2). New York: Knopf.

Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(1), 21-32.

Touchton, M., & Wampler, B. (2014). Improving social well-being through new democratic institutions. Comparative Political Studies, 47(10), 1442-1469.

Wortmann, J. (2013). Religious Coping. In G. M.D. & T. J.R. (Eds.), Encyclopedia of Behavioral Medicine. New York: Springer.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media

Published
2022-03-02
How to Cite
Afridah, M., Rahmawati, I., Zamardah, L., Fahri H, M., & Salsabila, S. (2022). KESEJAHTERAAN EMOSIONAL PEDAGANG KAKI LIMA DI MASA PANDEMI. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 21-30. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/163