LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN GESTALT UNTUK MENGATASI QUARTER LIFE CRISIS PADA MAHASISWA

  • Lia Mita Syahri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Netrawati Netrawati Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syahrial Syahrial Universitas Bung Hatta, Indonesia
Keywords: layanan konseling, pendekatan gestalt, quarter life crisis

Abstract

Semakin bertambahnya usia, individu akan memikirkan terkait bagaimana keadaan masa depannya. Setiap individu memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang masa depannya. Banyak individu yang terperangkap dalam keadaan rasa cemas, takut, dan sedih, bahkan hingga menjadi stress ketika harus dihadapkan dengan pertanyaan bagaimanakah nanti masa depannya. Hal ini disebut dengan istilah quarter life crisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu individu mengatasi quarter life crisis dengan menggunakan pendekatan yang diberikan secara berkelompok. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan memanfaatkan artikel atau jurnal yang terkait dengan konseling kelompok, pendekatan gestalt, dan quarter life crisis. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan menggunakan pendekatan gestalt dengan cara konseling kelompok efektif untuk membantu individu-individu yang sedang mengalami quarter life crisis. Salah satu teknik yang digunakan yakni latihan saya bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, B. (2021). Pendakatan Gestalt: Konsep dan Aplikasi dalam Proses Konseling. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 2(2), 44–56.

Aisy, F., Maya, N., & Aini, S. (2020). Psikoedukasi Orientasi Masa Depan Untuk Mengatasi Quarter Life Crisis Melalui Video Pembelajaran Kreatif. Jurnal Psikologi Insight, 4(2), 80–85.

Aliansyah, S., Muswardi, M., & Mayasari, S. (2017). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Dalam Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Teknik Gestalt. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(3).

Andayani, S. Y. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Koping Stres Pada Dewasa Awal Yang Mengalami Fase Krisis Hidup Seperempat Abad Di Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Argasiam, B. (2019). Hubungan perbandingan sosial dan resiliensi dengan quarterlife crisis pada kelompok milenial. Unika Soegijapranata Semarang.

Aziz, A. (2015). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(1).

Corey, G. (2010). Theory and Practice of Group

Counseling. Eighth Edition. Canada: Cole Cengage Learning.

Habibie, A., Syakarofath, N. A., & Anwar, Z. (2019). Peran Religiusitas terhadap Quarter-Life Crisis (QLC) pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 129–138.

Hasanah, K. (2016). Teori Konseling (Suatu Pendekatan Konseling Gestalt). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(2), 108–123.

Lumongga, D. R. N. (2017). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.

Mujahidin, E., Rahman, I. K., & Aqilah, F. N. (2020). Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Gestalt Profetik (G-Pro) Untuk Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa Di SMA Ibnu ‘Aqil. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 99–126.

Nurhadianti, R., & Diah, D. (2020.). Quarter Life Crisis. Jakarta: Kencana.

Permatasari, I. (2021). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Quarter Life Crisis Pada Dewasa Awal. Universitas Muhammadiyah Malang.

Psikologi, J., Pendidikan, F. I., Psikologi, J., & Pendidikan, F. I. (2021). Hubungan Loneliness Dan Quarter Life Crisis Pada Dewasa Awal. Charater: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5).

Rahmania, F. A., & Tasaufi, M. N. F. (2020). Terapi Kelompok Suportif untuk Menurunkan Quarter-Life Crisis pada Individu Dewasa Awal di Masa Pandemi Covid-19. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2, 1–16.

Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Penilaian Konseling Kelompok. Deepublish.

Robinson, O. (2015). Emerging Adulthood, Early Adulthood, and Quarter-Life Crisis. Emerging Adulthood in a European Context.

Sukmawati, I., Neviyarni, N., Karneli, Y., & Netrawati, N. (2019). Penilaian dalam konseling kelompok Gestalt. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 40–43.

Published
2022-03-02
How to Cite
Syahri, L. M., Netrawati, N., & Syahrial, S. (2022). LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN GESTALT UNTUK MENGATASI QUARTER LIFE CRISIS PADA MAHASISWA. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 13-20. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/162