SELF COMPASSION REMAJA PANTI ASUHAN YAYASAN DARUL HIKMAH DI SORIK JORONG SENTOSA KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN

  • Reka Hairani IAIN Bukittinggi, Indonesia
  • Linda Yarni IAIN Bukittinggi, Indonesia
Keywords: self compassion, remaja, panti asuhan

Abstract

Masalah yang diangkat pada penelitian ini (1) Terindikasi remaja tidak mampu menerima diri sendiri baik kelebihan maupun kelemahan (2) Terindikasi remaja tidak dapat menerima kesalahan atau kegagalan yang terjadi pada dirinya (3) Terindikasi remaja cenderung menganggap masalah itu tidak seharusnya terjadi pada dirinya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskritif. Dengan menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan sesuia dengan data-data yang peroleh. Populasi dalampenelitian ini adalah 11 orang remaja, sampelyang diambil adalah remaja awal dengan menggunakan teknik Total sampling dimana teknik ini merupakan teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Data self compassion remaja adalah angket. Angket yang digunakan adalah menggunakan skala likert. Teknik pengelolahan datadan analisis data menggunakan coding, penskoran, mean, interpertasi dan merumuskan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari Self Compassion remaja panti asuhan yayasan darulhikmah di sorik jorong sentosa kecamatan panti kabupaten pasaman, berada pada kategori tinggi dengan persentase 66%, artinya remaja mampu menerima dirinya sendiri baik kelebihan maupun kelemahan, mampu menerima kesalahan atau kegagalan sebagai sebuah hal umum yang juga di alami orang lain, menyadari tentang keterhubungan antara segala sesuatu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdollahpour, S., Khosravi, A., Motaghi, Z., Keramat, A., & Mousavi, S. A. (2019). Effect of brief cognitive behavioral counseling and debriefing on the prevention of post-traumatic stress disorder in traumatic birth: a randomized clinical trial. Community mental health journal, 55(7), 1173-1178.

Al-Obaydi, L. H., Doncheva, J., & Nashruddin, N. (2021). EFL COLLEGE STUDENTS’SELF-ESTEEM AND ITS CORRELATION TO THEIR ATTITUDES TOWARDS INCLUSIVE EDUCATION. Воспитание/Vospitanie-Journal of Educational Sciences, Theory and Practice, 16(1), 27-34.

Anggoro, H. D. (2018). HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA ISTRI YANG KEHILANGAN PASANGAN HIDUP KARENA MENINGGAL DUNIA.

Becirovic, S. (2017). The Relationship between Gender, Motivation and Achievement in Learning English as a Foreign Language. European Journal of Contemporary Education, 6(2), 210-220.

Chen, Q., Kong, Y., Gao, W., & Mo, L. (2018). Effects of socioeconomic status, parent–child relationship, and learning motivation on reading ability. Frontiers in psychology, 9, 1297.

Crozier, A. J., Mosewich, A. D., & Ferguson, L. J. (2019). The company we keep: Exploring the relationship between perceived teammate self-compassion and athlete self-compassion. Psychology of Sport and Exercise, 40, 152-155.

Curry, S. J., Krist, A. H., Owens, D. K., Barry, M. J., Caughey, A. B., Davidson, K. W., . . . Kubik, M. (2018). Screening and behavioral counseling interventions to reduce unhealthy alcohol use in adolescents and adults: US Preventive Services Task Force recommendation statement. Jama, 320(18), 1899-1909.

Elfitrayeni, E., & Gistituati, N. (2019). The impact of cooperative script methods on learning of music art. Paper presented at the Seventh International Conference on Languages and Arts (ICLA 2018).

Elliott, J. (1991). Action Research for Educational Change. Milton Keynes: Open University Press.

Fitria, I. (2006). Berasal dari bahasa Latin. Remaja 2005. (2003), 10–43. from http://digilib.uinsby.ac.id/1883/5/Bab2.pdf

Furwana, D. (2019). Validity and reliability of teacher-made English summative test at second grade of vocational high school 2 Palopo. Language Circle: Journal of Language and Literature, 13(2).

Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of e-learning through WhatsApp as a teaching learning tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4(1), 19-25.

Grønhøj, A., & Thøgersen, J. (2017). Why young people do things for the environment: The role of parenting for adolescents’ motivation to engage in pro-environmental behaviour. Journal of environmental psychology, 54, 11-19.

Hasanah, F. A., & Hidayati, F. (2017). Hubungan antara self-compassion dengan alienasi pada Remaja (Sebuah studi korelasi pada siswa SMK Negeri 1 Majalengka). Jurnal Empati, 5(4), 750-756.

Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2). doi: https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7740

Kawitri, A. Z., Rahmawati, B. D., Arruum, R., & Rahmatika, R. (2019). Self-Compassion and Resilience among Adolescents Living at Social Shelters. Jurnal Psikogenesis, 7(1), 76–83.

Keengwe, J., & Kidd, T. (2010). Towards best practices in online learning and teaching in higher education. Journal of Online Learning and Teaching, 6(2), 533–541.

King, G. R. D. (1991). Creswell’s Appreciation of Arabian Architecture. Muqarnas, 8. https://doi.org/10.2307/1523157

Nursalam. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Siswa Menurut. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rananto, H. W., & Hidayati, F. (2017). Hubungan Antara Self-compassion dengan Prokrastinasi pada Siswa SMA Nasima Semarang. Jurnal Empati, 6(1), 232-238.

Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 1–10-11–10.

Setyawan, I. (2018). Hubungan Antara Self Compassion Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Empati, 7(1), 54–59.

잠재력’, 거., & 시동, 인. 아. 본. 공. (2015). No Title‘거대한 잠재력’ 인도. 01, 2015. 01. from http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000

Published
2021-09-30
How to Cite
Hairani, R., & Yarni, L. (2021). SELF COMPASSION REMAJA PANTI ASUHAN YAYASAN DARUL HIKMAH DI SORIK JORONG SENTOSA KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 134-143. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/160