EVALUASI PROGRAM MODEL CONTEXT DAN INPUT DALAM BIMBINGAN KONSELING

  • Dalmia Dalmia STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Fiptar Abdi Alam STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
Keywords: evaluasi, context, input

Abstract

Evaluasi program bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model evaluasi Context pada pelaksanaan program bimbingan dan konseling ditinjau dari tujuan program, dan kebijakan sekolah. Serta mengetahui model Evaluasi Input Pelaksanaan Program bimbingan dan konseling ditinjau dari personel program peminatan, peserta didik, anggaran dana, struktur organisasi, serta fasilitas sarana dan prasarana. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah riset kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah hasil-hasil penelitian terdahulu yang telah dipublikasikan pada jurnal hasil penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis). Untuk menjaga ketepatan pengkaji dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antara pustaka dan membaca ulang pustaka. Kesimpulan hasil penelitian adalah Evaluasi context merupakan upaya untuk menggambarkan dan merinci lingkungan, kebutuhan yang tidak terpenuhi, populasi dan sampel yang dilayani, baik di tinjau dari tujuan program, maupun kebijakan sekolah. Evaluasi masukan (input), merupakan evaluasi yang bertujuan menyediakan informasi untuk menentukan bagaimana menggunakan sumber daya yang tersedia dalam mencapai tujuan program, baik ditinjau dari personel program peminatan, peserta didik, anggaran dana, struktur organisasi, serta fasilitas sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banga, C. L. (2014). Microteaching, an Efficient Tecqnique for Learning Effective Teaching. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, 15(2), 2206-2211.

Collins, B. N., Nair, U. S., Hovell, M. F., DiSantis, K. I., Jaffe, K., Tolley, N. M., . . . Audrain-McGovern, J. (2015). Reducing underserved children’s exposure to tobacco smoke: a randomized counseling trial with maternal smokers. American journal of preventive medicine, 49(4), 534-544.

Dołowy-Rybińska, N., & Ratajczak, C. (2021). Upper Sorbian language education: when community language maintenance practices disregard top-down revitalisation strategies. Language, Culture and Curriculum, 34(1), 65-79.

Flowerdew, J. (2012). Discourse in English language education. London: Routledge.

Gavarkovs, A. G. (2019). Behavioral counseling training for primary care providers: Immersive virtual simulation as a training tool. Frontiers in public health, 7, 116.

Hidayat, H. (2018). Cognitive-Behavioral Counseling Model to Optimize Cognitive Potentiality and Adaptive Behavior of Attention Deficite Hyperactivity Disorders (ADHD) Students.

Kubota, R., & Takeda, Y. (2021). Language‐in‐Education Policies in Japan Versus Transnational Workers’ Voices: Two Faces of Neoliberal Communication Competence. TESOL Quarterly, 55(2), 458-485.

Lau, C. (2020). English language education in Hong Kong: a review of policy and practice. Current Issues in Language Planning, 21(5), 457-474. doi: https://doi.org/10.1080/14664208.2020.1741239

Onishchuk, I., Ikonnikova, M., Antonenko, T., Kharchenko, I., Shestakova, S., Kuzmenko, N., & Maksymchuk, B. (2020). Characteristics of foreign language education in foreign countries and ways of applying foreign experience in pedagogical universities of Ukraine. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(3), 44-65. doi: https://doi.org/10.18662/rrem/12.3/308

Pikhart, M. (2020). Intelligent information processing for language education: The use of artificial intelligence in language learning apps. Procedia Computer Science, 176, 1412-1419. doi: https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.151

Rahman, M. I., & Ismaya, I. (2021). Blended Learning Method to Optimize English Language Learning in Non-English Language Education Departments at Muhammadiyah University of Enrekang. MAJESTY JOURNAL, 3(1), 8-14.

Ramberg, J., Låftman, S. B., Almquist, Y. B., & Modin, B. (2019). School effectiveness and students’ perceptions of teacher caring: A multilevel study. Improving Schools, 22(1), 55-71.

Tsang, A., Paran, A., & Lau, W. W. (2020). The language and non-language benefits of literature in foreign language education: An exploratory study of learners’ views. Language Teaching Research, 1362168820972345. doi: https://doi.org/10.1177/1362168820972345

Williamson, T. M., Moran, C., McLennan, A., Seidel, S., Ma, P. P., Koerner, M.-L., & Campbell, T. S. (2021). Promoting adherence to physical activity among individuals with cardiovascular disease using behavioral counseling: A theory and research-based primer for health care professionals. Progress in cardiovascular diseases, 64, 41-54.

Published
2021-09-30
How to Cite
Dalmia, D., & Alam, F. A. (2021). EVALUASI PROGRAM MODEL CONTEXT DAN INPUT DALAM BIMBINGAN KONSELING. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 111-124. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/158