ANALISIS KONSELING RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM PENDIDIKAN

  • Eva Yulpa Nadila STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Taufik Taufik STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Sulfian Syarif STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
Keywords: konseling, rational emotive behavior therapy, pendidikan

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahu mengetahui penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah dengan metode  dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel  yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Metode analisis isi (content analysis) dimana dalam analisis isi peneliti akan  melakukan proses memilih, membandingkan, menggabungkan, memilah berbagai pengertian, hingga ditemukan yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa konseling rational emotive behaviour melalui teknik pencitraan atau imagery dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa berstatus sosial-ekonomi lemah.Penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi Unit Pelaksana Pelayananan Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi, dosen, dan konselor di perguruan tinggi untuk meningkatkan resiliensi mahasiswa yang berstatus sosial ekonomi lemah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirah Diniaty. 2009. Teori-teori Konseling. Daulat Riau. Pekanbaru

Arikuntu, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta

Azizah, Ainul. 2017. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Naratif. Junal BK UNESA. Vol 7, (2)

Beny Ida Suryani. 2013. Efektivitas Konseling Perorangan REBT untuk Mengatasi Motivasi Belajar Rendah Pada Anak Berbakat Berprestasi Kurang (Underachiever) di SMA Semesta Gunungpati Semarang. Skripsi. http://lib.unnes.ac.id/17819/1/1301407038.pdf

Budi Purwoko. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan Konseling. Book. Unesa University Press, Surabaya

Gantina komalasari, dkk. 2011. Teori Teknik Konseling. Indeks Jakarta

Gerald Corey 2009. Teori dan Praktek Konseling & Terapi. Refika Aditama. Bandung.

Husrin Konadi, Mudjiran, Yeni Karneli. 2017. Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/7887

Muhadi. 2017. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/2518/

Mungin Edi. 2008. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Prayitno. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, John W. 2011. Adolescence. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, Mohammad. 2004:161 . Dasar-dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori). Bhakti Winaya. Bandung

Syaibani, R. 2012. Studi Kepustakaan, (Online), (http://repository.usu.ac.id/ bitstream, diakses 10 Desember 2020).

Taufik, Ifdil, Zadrian Ardi. 2013. Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/22Wibowo,

Published
2021-09-30
How to Cite
Nadila, E. Y., Taufik, T., & Syarif, S. (2021). ANALISIS KONSELING RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 99-110. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/157