ANALISIS KONSELING RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahu mengetahui penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah dengan metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Metode analisis isi (content analysis) dimana dalam analisis isi peneliti akan melakukan proses memilih, membandingkan, menggabungkan, memilah berbagai pengertian, hingga ditemukan yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa konseling rational emotive behaviour melalui teknik pencitraan atau imagery dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa berstatus sosial-ekonomi lemah.Penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi Unit Pelaksana Pelayananan Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi, dosen, dan konselor di perguruan tinggi untuk meningkatkan resiliensi mahasiswa yang berstatus sosial ekonomi lemah.
Downloads
References
Amirah Diniaty. 2009. Teori-teori Konseling. Daulat Riau. Pekanbaru
Arikuntu, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta
Azizah, Ainul. 2017. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Naratif. Junal BK UNESA. Vol 7, (2)
Beny Ida Suryani. 2013. Efektivitas Konseling Perorangan REBT untuk Mengatasi Motivasi Belajar Rendah Pada Anak Berbakat Berprestasi Kurang (Underachiever) di SMA Semesta Gunungpati Semarang. Skripsi. http://lib.unnes.ac.id/17819/1/1301407038.pdf
Budi Purwoko. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan Konseling. Book. Unesa University Press, Surabaya
Gantina komalasari, dkk. 2011. Teori Teknik Konseling. Indeks Jakarta
Gerald Corey 2009. Teori dan Praktek Konseling & Terapi. Refika Aditama. Bandung.
Husrin Konadi, Mudjiran, Yeni Karneli. 2017. Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/7887
Muhadi. 2017. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/2518/
Mungin Edi. 2008. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Prayitno. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Santrock, John W. 2011. Adolescence. Jakarta: Penerbit Erlangga
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Surya, Mohammad. 2004:161 . Dasar-dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori). Bhakti Winaya. Bandung
Syaibani, R. 2012. Studi Kepustakaan, (Online), (http://repository.usu.ac.id/ bitstream, diakses 10 Desember 2020).
Taufik, Ifdil, Zadrian Ardi. 2013. Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/22Wibowo,