STRATEGI KOLABORATIF DALAM MANAJEMEN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pentingnya strategi kolaboratif yang dapat dilaksanakan dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling oleh konselor di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kolaboratif yang dapat dilaksanakan dalam pelaksaan layanan bimbingan dan konseling oleh konselor di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahaan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil penelitian ini adalah memaparkan tentang konsep kerjasama yang baik dalam strategi kolaboratif yang tidak hanya dilakukan dalam internal sekolah saja akan tetapi juga melibatkan berbagai pihak yang memiliki perannya masing-masing. Kerjasama tersebut dilakukan dalam bentuk kegiataan kolaboratif.