PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA

  • Kasmawati Kasmawati STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Fiptar Abdi Alam STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
Keywords: Self -esteem, layanan bimbingan, konseling kelompok

Abstract

Penerapan layanan bimbingan kepada siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap self-esteem siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan self-esteem siswa di sekolah dan penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan self-esteem siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah buku, artikel jurnal tentang hasil penelitian terkait, dan situs internet. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Untuk menjaga ketepatan kajian dan untuk mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan peneliti mereview pustaka. Hasil dari penelitian ini merupakan kajian, perbandingan, dan pengembangan dari hasil penelitian para peneliti terdahulu yang dijadikan sebagai acuan untuk memperkuat penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, & Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Anna, Y. R. (1944). Guidance and Perronnel Services in Education. Ithaca, N. Y.: Cornell University Press.

Baddu, H. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Self-Esteem Siswa SMP Negeri I Liliriaja Kabupaten Soppeng. from http://eprints.unm.ac.id/4701/1/PENERAPAN%20KONSELING%20KELOMPOK%20DALAM%20MENINGKATKAN%20SELF%20ESTEEM%20SISWA%20SMP%20NEGERI%20I%20LILIRIAJA%20KABUPATEN%20SOPPENG.pdf

Baron, R. A., Branscombe, N. R., & Byne, D. (2008). Social Psychology (12 ed.). USA: Pearson Education, Inc.

Barrnett, J. (2009). Aptitude, personality and motivation tests. London: Kogan Page.

Bloom, B. (1976). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw-Hill.

Branden, N. (1992). The Power of Self-esteem. Florida: Health Communication, Inc.

Brigman, G., & Campbell, C. (2003). Helping students improve academic achievement and school success behavior. Professional School Counseling, 7, 91–98.

Bryson, C. (2014). Understanding and Developing Student Engagement. Devon, UK: Swales & Willis Ltd.

Burger, J. M. (1998). Personality Theory and Research. California: Wadsworth Publishing Company.

Chandra, A. (2021). The Use of Virtual-Motivation to Engage Students on Lessons in Online Teaching. JELITA, 1-10.

Coopersmith, S. (1967). The Antecedent of Self-Esteem. San Fransisco: W.H. Freeman & Company.

Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. New York: Brppks/Cole Publishing Company.

Cronbach, L. J. (1960). Essential of Psychological Testing (2nd ed.). NewYork: Harper & Row Publishers.

Daniel, P. H. (2009). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education. Boston: Pearson Education Inc.

Efriana, L. (2021). Problems of Online Learning during Covid-19 Pandemic in EFL Classroom and the Solution. JELITA, 2(1), 38-47.

Flemming, K., Booth, A., Hannes, K., Cargo, M., & Noyes, J. (2018). Cochrane Qualitative and Implementation Methods Group Guidance Series. Journal of Clinical Epidemiology, 97, 79-85.

Ghufron, & Risnawati. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Glauber, C. A. (1953). The Conference Method as a Home-room Guidance Technique: A Study in Group Guidance and Counseling The bulletin of the National Association of Secondary School Principals (193 ed., Vol. 37, pp. 52-61).

Hakim. (2011). Mengatasi rasa percaya diri. Jakarta: Purwa Suara.

Hasanah, Q. (2016). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Manggala Tahun Pelajaran 2015/2016. (Bachelor), Uiversitas Lampung, Bandar Lampung.

Hutteman, R., Nestler, S., Wagner, J., Egloff, B., & Back, M. D. (2015). Wherever I may roam: Processes of self-esteem development from adolescence to emerging adulthood in the context of international student exchange. Journal of Personality and Social Psychology, 108, 767–783. doi: 10.1037/pspp0000015

Knight, J. L. (2015). Preparing Elementary School Counselors to Promote Career Development: Recommendations for School Counselor Education Programs. Journal of Career Development, 42(2), 75-85. doi: 10.1177/0894845314533745

Luthans, F. (2005). Organizational Behavior. New York: McGraw-hill.

Murk, C. J. (2006). Self Esteem Research, Theory and Practice: Toward A Positive Psychology of Self Esteem (3rd ed.). New York: Springer Publishing Company.

Piatak, J. S. (2016). Public service motivation, prosocial behaviours, and career ambitions. International Journal of Manpower, 37(5), 804-821. doi: https://doi.org/10.1108/IJM-12-2014-0248

Quality, T. W. C. o. S. N. E. A. a. (1994). The World Conference on Special Needs Education: Access and Quality. Paper presented at the The World Conference on Special Needs Education: Access and Quality, Salamanca, Spain.

Santrock, J. W. (2011). Adolescence. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. (1986). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Sukardi, D. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Bumi Aksara.

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2013). Using multivariate statistics (6th ed.). Boston: MA: Pearson.

Tosun, S. (2015). The effects of blended learning on EFL students’ vocabulary enhancement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 199(1), 641-647. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.07.592

Published
2021-03-14
How to Cite
Kasmawati, K., & Alam, F. A. (2021). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 37-47. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/152