UPAYA MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH

  • Henri Gunawan Risal STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Fiptar Abdi Alam STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
Keywords: hubungan sosial, teman sebaya, layanan bimbingan kelompok

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini (1) bagaimana hubungan sosial antar teman sebaya sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah, (2) bagaimana hubungan sosial antar teman sebaya setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hubungan sosial antar teman sebaya sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di Sekolah, (2) untuk mengetahui hubungan sosial antar teman sebaya setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan cara mendeskripsikan variabel penelitian secara kualitatif, yakni paparan-paparan dalam bentuk narasi variabel. Penelitian ini akan mengkaji variabel berdasarkan kajian leterasi (Library research). Hasil penelitian menyimpulkan kondisi awal sebelum mendapatkan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori rendah, diketahui bahwa Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya siswa kelas. Sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok terjadi perubahan tingkat hubungan sosial antar teman sebaya. Berarti terjadi peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, & Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dayakisni. (2003). Psikologi Sosial. Malang: UMM.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hartati, S. (2004). Pembelajaran Kecerdasan Emosi Melalui Bimbingan Konseling Kelompok. Semarang: Konvensi Nasional ABKIN.

Hatch, T. (2014). The use of data in school counseling: Hatching results for students, programs, and the profession. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Hurlock, E. B. (2000). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan. (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Mappiare, A. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasioanal.

Mifzal, A. (2013). Strategi Pembelajaran untuk Anak Kurang Berprestasi. Jogjakarta: Javalitera.

Papalia, Olds, & Feldman. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Perdana, R. C. P., Hartini, S., Alhadi, S., & Handak, I. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. (Skripsi), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sabat, S. R. (2010). Flourishing of the self while caregiving for a person with Dementia: A case study of education, counseling, and psychosocial support via email. Dementia, 10(1), 81-97. doi: 10.1177/1471301210392986

Saeed, S., & Zyngier, D. (2012). How Motivation Influences Students Engangement: A Qualitative Case Study. Melbourne: Monash University.

Santrock, J. W. (2011). Adolescence. Jakarta: Erlangga.

Sedanayasa. (2010). Model Bimbingan Sosial Kolaboratif Berbasis Multi- kultur untuk Penimbangan Kohesivitas Sosial SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 96-103.

Sugiyo. (2005). Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: Unnes Press.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Sukardi, D. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistiana. (2010). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Juwana Tahun Pelajaran 2009/2010. (Skripsi), Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sunarto, & Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, M. E. (2008). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Published
2021-03-14
How to Cite
Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 1-10. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/149