HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 5 SEMARANG

  • Berliana Meiky Widianita Universitas PGRI Semarang
  • Tri Suyati Universitas PGRI Semarang
  • Padmi Dhyah Yulianti Universitas PGRI Semarang
Keywords: Konsep diri, perencanaan karir, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara konsep diri dan perencanaan karir di kalangan peserta didik kelas XI SMK Negeri 5 Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan positif antara konsep diri dan perencanaan karir pada peserta didik tersebut. Metode yang digunakan adalah korelasi kuantitatif, dengan melibatkan 238 peserta didik sebagai sampel utama dan 35 peserta didik sebagai sampel uji coba. Teknik Sampel Jenuh diterapkan dalam pengumpulan data melalui dua skala pengukuran: Skala konsep diri dan Skala perencanaan karir. Delapan kelas dipilih sebagai kelompok uji coba dan kelompok penelitian.Berdasarkan hasil uji korelasi product moment, sehingga nilai r tabel untuk jumlah sampel 238 peserta didik dengan taraf signifikan 5% makan diperoleh nilai r tabel 0,334. Pada uji korelasi pearson product moment, diperoleh pearson correlation sebesar 0,468 dengan signifikansi 0,001, Ha diterima karena signifikansi 0,001 <0,05 maka dapat ditarik kesimpulan  bahwa ada hubungan signifikan dan positif antar konsep diri dengan perencanaan karir peserta didik kelas XI SMK N 5 Semarang dengan tingkat korelasi jika dilihat dari nilai pearson correlation 0,468> 0,334 yang berarti tingkat korelasi sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir & Taufik. (2024). Pengaruh Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Kemandirian Siswa diSekolah.https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/659

Anriani, N. (2020). Hubungan Konsep diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa penerimaan bidikmisi di fakultas keperawatan Universitas Sumatra Utara.

Ardiyanti. (2017). Peran Penting Konsep Diri Dalam membentuk Track Record.Jakarta: Salemba Humanika

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewa Ketut Sukardi (2004). Psikologi Pemilihan Karier, Jakarta : Rineka Cipta

Istirahayu, DKK. Bimbingan Karir Terhadap Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII. Jurnal Bimbingan Konseling Terapan. Volume 2. No 2

Reski, N., Taufik, & Ifdil (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3, 85-91.

Santrock JW. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Silvia, Wardani, Richa. (2020). Perencanaan Karier Siswa SMA NEGERI 1 Ngelames Kabupaten Madiun.Vol.4 diakses pada 10 November 2021 pukul 00.06 WIB

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Suwargarini, R. (2018). Gambaran Psikologi: Konsep Diri pada Anak Usia Sekolah Dasar di Wilayah Banjir Rob. Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan,

T. Tandar. A. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. psikopedagogia. Volume 03 No. 02

Vivi, Elisabeth. (2019). Bimbingan Kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kemampuan Perencanaan Karier siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Surabaya.Vol 1 Hal.10. diakses pada 10 November 2021 Pukul 00.01 WIB

Published
2024-09-03
How to Cite
Widianita, B. M., Tri Suyati, & Dhyah Yulianti, P. (2024). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 5 SEMARANG. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 189-199. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.825