DAMPAK RENDAHNYA SELF EFFICACY PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR: SEBUAH STUDI LITERATUR

  • Amal Danuarta Wijaya Universitas PGRI Madiun
Keywords: Self efficacy, Mahasiswa

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yaitu tinjauan pustaka. Penelitian ini sumbernya dari jurnal, buku, dan dokumen lain. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak rendahnya  self efficacy  pada mahasiswa tingkat akhir.  Adapun hasil penelitian yaitu rendahnya efikasi diri seseorang dapat dilihat dari beberapa pertanda, antara lain: Kelambanan atau keraguan terhadap kemampuan diri, kecenderungan mudah menyerah, dan kurang yakin terhadap kemampuan diri dalam mengatasi hambatan yang dihadapi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar masiswa masih ragu dan kurang percaya diri terhadap kemampuannya. Metode penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka. Studi literature atau disebut juga studi pustaka merupakan penelitian yang mengembangkan konsep-konsep teoritis baru yang bersifat konstruk. Self efficacy mengenai akademik berhubungan dengan pemahaman mahasiswa melalui keterampilan menyelesaikan tugas-tugas, mengatur jadwal belajar, memiliki harapan akademis mereka sendiri dan orang lain, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self efficacy yang dimiliki seorang mahasiswa, sehingga mahasiswa yang terkait akan berusaha yang cukup besar agar mereka dapat meraih hasil yang tinggi. Self-efficacy, atau keyakinan seseorang terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu, memiliki dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk kinerja akademis mahasiswa. Pada mahasiswa tingkat akhir, rendahnya self-efficacy dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang signifikan. yaitu diantaranya Kinerja Akademis yang Menurun, Penurunan Motivasi, Tingkat Stres dan Kecemasan yang Tinggi, Prokrastinasi, dan Ketidakpuasan Terhadap Prestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiko, G. A. (2013). Hubungan kecerdasan emosi dan self efficacy dengan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2).

Astin, A. W. (1993). What Matters in College? Four Critical Years Revisited. Jossey-Bass.

Barus, M., Saragih, H., & Bakara, J. K. (2022). Self-Efficacy Berhubungan Dengan Stres Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Tahun 2021. Jurnal Online Keperawatan Indonesia, 5(1), 53-63.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman. - Buku ini merupakan referensi utama yang menjelaskan konsep self-efficacy secara komprehensif.

Chickering, A. W., & Reisser, L. (1993). Education and Identity. Jossey-Bass.

Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186-2194.

Fijannati, S. P. (2024). Motivasi Belajar, Self Efficacy dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3918-3923.

Kuh, G. D., Kinzie, J., Buckley, J. A., Bridges, B. K., & Hayek, J. C. (2006). What Matters to Student Success: A Review of the Literature. National Postsecondary Education Cooperative.

Misra, R., & McKean, M. (2000). "College students' academic stress and its relation to their anxiety, time management, and leisure satisfaction." American Journal of Health Studies, 16(1), 41-51.

Pajares, F. (1996). "Self-efficacy beliefs in academic settings." Review of Educational Research, 66(4), 543-578. - Artikel ini meninjau penelitian tentang self-efficacy dalam konteks pendidikan.

Parker, J. D., Summerfeldt, L. J., Hogan, M. J., & Majeski, S. A. (2004). "Emotional intelligence and academic success: Examining the transition from high school to university." Personality and Individual Differences, 36(1), 163-172.

Rawe, A. S., & Taufik, T. (2022). Hubungan Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Barru Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 207-216.

Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Bakker, A. B. (2002). "Burnout and engagement in university students: A cross-national study." Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464-481.

Telussa, P. C. R., & Kusumiati, R. Y. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Academic Journal of Psychology and Counseling, 3(2), 149-178.

Tinto, V. (1993). Leaving College: Rethinking the Causes and Cures of Student Attrition. University of Chicago Press.

Zimmerman, B. J. (2000). "Self-efficacy: An essential motive to learn." Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82-91. - Studi ini membahas bagaimana self-efficacy mempengaruhi motivasi belajar dan pencapaian akademik.

Published
2024-08-29
How to Cite
Wijaya, A. D. (2024). DAMPAK RENDAHNYA SELF EFFICACY PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR: SEBUAH STUDI LITERATUR. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 115-126. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.768