PERANAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMBENTUK NILAI KARAKTER KERJA KERAS

  • Maulana Ilham Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Ulfa Danni Rossada Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Keywords: bimbingan klasikal, nilai karakter kerja keras, problem based learning

Abstract

Perilaku nilai karakter kerja keras pada siswa yang terjadi di SMK Muhamadiyah Piyungan terdapat siswa yang masih merendahkan tentang nilai karakter kerja keras dikarenakan siswa yang nilai karakter kerja kerasnya rendah, sehingga di kelas kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat nilai karakter kerja keras peserta didik sebelum penerapan layanan bimbingan klasikal dengan teknik Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diteliti diambil dengan purposive sampling, melibatkan 30 siswa dari kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Piyungan. Total subjek penelitian berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, kuesioner, dan observasi, dengan uji validitas menggunakan validitas konstruk dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest adalah 85,53, sementara skor posttest mencapai 96,25. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan skor dari pretest ke posttest, yang menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan dapat meningkatkan nilai karakter kerja keras siswa setelah penerapan bimbingan. Kesimpulannya adalah bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan nilai karakter kerja keras siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Piyungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. D., Aulia, F., & Taqiyuddin, M. (2020). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Resiko Pernikahan Dini Remaja. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 4(2), 33–46. https://doi.org/10.29408/JKP.V4I2.3078

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–78. https://doi.org/10.22342/JPM.11.1.3890.67-78

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. KABILAH : Journal of Social Community, 1(1), 198–207. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/1724

Fuadie, A. A., & Hakiem, E. (2017). Model Peningkatan Pola Kerja Keras Melalui Religiosity, Motivasi Inrinsik Dan Motivasi Eekstrinsik (Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Kudus). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 136–148. https://doi.org/10.30659/EKOBIS.18.2.136-148

Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Selama Masa Pandemik Covid 19. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 96–106. Https://Doi.Org/10.56667/Dejournal.V1i2.125

Kesuma, D. (2015). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Lase, B. P. (2020). Strategi Guru PPKN Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 3 Alasa Talu Muzoi. Warta Dharmawangsa, 14(1), 1829–7463. https://doi.org/10.46576/WDW.V14I1.553.

Rini, E. F. S., Fitriani, R., Matondang, M. M., Yolviansyah, F., Putri, N. D., Agatha, F. L., & Lolita, N. (2021). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Pendipa Journal Of Science Education, 5(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.33369/Pendipa.5.2.256-261

Fuadie, A. A., & Hakiem, E. (2017). Model Peningkatan Pola Kerja Keras Melalui Religiosity, Motivasi Inrinsik Dan Motivasi Eekstrinsik (Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Kudus). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 136–148. https://doi.org/10.30659/EKOBIS.18.2.136-148

Lase, B. P. (2020). Strategi Guru PPKN Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 3 Alasa Talu Muzoi. Warta Dharmawangsa, 14(1), 1829–7463. https://doi.org/10.46576/WDW.V14I1.553.

Nurpitasari, E., Nurajizah, N., Nurhayati, D. F., & Bhakti, C. P. (2019). Blended Learning: Metode Layanan Bimbingan Klaskal Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di Abad 21. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019, 1(1), 173–179. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1409

Rohmah, D. S., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. (2021). Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Siswa Kelas X Yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah Sma Asshiddiqiyah Garut. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V4i1.6213

Rahim, M. (2022). Maryam Rahim: Petunjuk Praktis Metode Layanan Bimbingan Dan Konseling (Bimbingan Lintas Kelas, Bimbingan Klasikal Dan Bimbingan Kelompok). 8747.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. Https://Doi.Org/10.24042/Jpifalbiruni.V6i1.597

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran,4(1),Article1. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V4i1.24719

Taufik, T. (2021). Hubungan Antara Pemberian Hukuman dengan Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 13-23.

Trinurmi, S. (2015). Hakekat Dan Tujuan Hidup Manusia Dan Hubungannya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 2(1), Article 1.

Winkel, W. S. (2015). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.

Published
2024-08-30
How to Cite
Ilham, M., & Danni Rossada, U. (2024). PERANAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMBENTUK NILAI KARAKTER KERJA KERAS. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 160-168. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.753