HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PATI

  • Arya Indra Syahputra Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • M.A. Primaningrum Dian Universitas PGRI Semarang
Keywords: Siswa, Kepercayaan Diri, Perilaku Bullying

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang melakukan tindak perilaku bullying. Tindakan yang mereka lakukan sebagai pelaku bullying mereka lakukan secara sadar. Siswa yang menjadi korban tindak perilaku bullying ini belum sadar dengan dampak yang diberikan terhadap kepercayaan diri mereka. Dampak yang timbul adalah siswa menjadi sukar bergaul dengan temannyaa dan lebih suka menyendiri, sulit beradaptasi dengan keadaan, sulit berkomunikasi dengan lawan bicara, dan lebih suka membuang pandangan dengan melakukan gerakan-gerakan. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mencari adanya pengaruh perilaku bullying terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pati  yang berjumlah 420 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 107 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, yakni membuat skala kepercayaan diri dan skala perilaku bullying. Berdasarkan uji korelasi Person Product Moment, diperoleh nilai signifikansi 0.000 yang dapat diartikan bahwa antara Kepercayaan Diri (X) dengan Perilaku Bullying (Y) terdapat hubungan karena nilai signifikansi kurang dari 0.05, maka dapat ditarik kesimpulan yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variable Kepercayaan Diri dengan Perilaku Bullying siswa XI SMA Negeri 3 Pati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdi D.H. (2017). Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Xi IPS di SMA 3 Seluma. SkripsiFKIPBimbingan Konseling Universitas Bengkulu.

Amir & Taufik. (2024). Pengaruh Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Kemandirian Siswa diSekolah.https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/659

Andriani, N., Elita, V., & Rahmalia, S. (2011). Hubungan Bentuk Prilaku Bullying Dengan Tingkat Stres. Program Study Ilmu Keperawatan, 426–435.

Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (2018). Penerapan Konseling Direktif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Korban Bullying di SDN Kenari Jakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9 (2).

Coloroso, Barbara. 2006. Penindas, Tertindas, dan Penonton. Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta:Serambi.

Herawati, H., Taufik, T., & Nashruddin, N. (2022). Pengaruh teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 101-112.

Mastuti, I. (2008). 50 Kiat percaya diri. Jakarta : PT. Buku Kita.

Nurasisa & Taufik. (2024). Assertive Behavior Of Bullying Victims At UPTD SMP Negeri 5 Barru. https://www.dmi-journals.org/deiktis/article/view/691

Rabbani, Faiz and , Rini Lestari. (2018) Kepercayaan Diri pada Siswa yang Menjadi Korban Bullying. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rintyastini, Yulita dan Suzy yulia Charlotte. 2006. Bimbingan dan Konseling 2 untuk SMP kelas VIII. Jakarta:Esis Erlangga.

Published
2024-08-30
How to Cite
Syahputra, A. I., Siti Fitriana, & Dian, M. P. (2024). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PATI. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 152-159. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.716