HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI TG SMK NEGERI 11 SEMARANG
Abstract
Latar belakang yang mendorong adanya penelitian ini adalah ditemukan data berbagai kenakalan remaja yang dilakukan siswa di sekolah salah satunya yaitu adanya perilaku membolos. Selain itu, adanya data dari siswa yang menyatakan bahwa perilaku tersebut terjadi karena adanya faktor kurang perhatian dari orang tua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku membolos pada peserta didik kelas XI TG SMK Negeri 11 Semarang?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan ex post facto merupakan suatu penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada suatu peristiwa yang telah terjadi dan kemudian untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab timbulnya peristiwa tersebut. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TG SMK Negeri 11 Semarang sebanyak 133 siswa. Sampel yang diambil menggunakan rumus Solvin adalah 100 orang lalu di ambil secara proposi dari ke – 4 kelas dengan menggunakan teknik proportional sampling sehingga perkelas ada 25 orang sebagai sampel. Hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang memiliki hubungan signifikan terhadap perilaku membolos pada peserta didik XI TG (Teknik Grafika) SMK N 11 Semarang merupakan pola asuh otoriter dan pola asuh permisif dengan signifikasi pola asuh otoriter 0,009 dan perilaku permisif 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Pola asuh orang tua secara bersama – sama didapatkan hasil sig. 0,000 < 0,05 sehingga menolak H0 yang berarti terdapat hubungan antara pola asuh orang tua secara bersama – sama dengan perilaku membolos secara signifikan. Selain itu, terdapat kontribusi sebesar 23,2% pola asuh orang tua menjadi salah satu faktor timbulnya perilaku membolos pada XI TG SMK N 11 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah harus adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua untuk dapat memperhatikan segala perilaku anak selama diluar pengawasan orang tua. Sealin itu, peneliti selanjutnya dapat meneliti dan menemukan faktor lain yang belum dapat diungkap dalam penelitian ini.
Downloads
References
Amir & Taufik. (2024). Pengaruh Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Kemandirian Siswa diSekolah.https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/659
Asri, K. P., & Nurmina, N. (2019). Kontribusi Pola Asuh Terhadap Perilaku Membolos Siswa Sma Pgri Dikota Padang. Jurnal Riset Psikologi. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/6351
Atika, A. N. (2019). Enam Metode Pola Asuh Orang Tua Untuk Peningkatan Social Skills. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 18. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4772
Atmodiwirjo, Ediasari T. 2008. Optimalisasi Perkembangan Anak. Depok: Tp.
Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: P_idea
Danim, Sudarwan. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: ALFABETA.
Fahiroh, S. A. (2020). The Meaning of Truant Behavior for Junior and Senior High School Students in Indonesia. 436, 1140–1143. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.239
Feni, A. D., & Denok, S. (2013). Studi tentang perilaku membolos pada siswa sma swasta di surabaya. Jurnal BK UNESA, 03, 454–461.
Guna, M. S. R., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pria Etnis Sumba Di Salatiga. Psikologi Konseling, 14(1), 340–352. https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13731
Hurlock, Elizabeth B. 2007. Perkembangan Anak : Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Ibrahim, et al. 2018. Metodolgi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu
Ikhsanudin, Arief. 2023. “Kejahatan Anak Meningkat, Kemen PPPA Soroti Pola Asuh Orang Tua”. https://news.detik.com/berita/d-6629873/kejahatan-anak-meningkat-kemen-pppa-soroti-pola-asuh-orang-tua.Artikel. Diakses 25 Oktober 2023.
Imansyah, N. (2022). Analisis Perilaku Membolos Siswa Dan Penangananya (Studi Kasus Siswa Di Smp Negeri 2 Pangkajene. http://eprints.unm.ac.id/25273/1/JURNAL%20IMAN%20FIX.pdf.
KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kobina, P. (2018). Exploring the Parenting Style and Truancy Behaviour of Primary School Pupils in Lagos State , Nigeria. 1, 36–45.
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Noelaka, Amos. 2016. Penelitian dan Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nopiarni, R., Yandri, H., & Juliawati, D. (2019). Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Atas Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Bikotetik Vol 01, 115–215.
Nugraha, C. A., Hidayat, R. R., & Susilo, A. T. (2022). Studi Kasus Perilaku Membolos Dua Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 3(1), 32. https://doi.org/10.20961/jpk.v3i1.28752
Nugroho, H, dkk. 2022. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kenakalan Remaja. Journal of Nursing Care & Biomolecular. 7(2). https://doi.org/10.32700/jnc.v7i2
Pranita, Ellyvon & Nursita Sari. 2023. “Bolos Sekolah, Sebanyak 20 Pelajar di Tangerang Diamankan Satpol PP lalu Disuruh Push Up”. https://megapolitan.kompas.com/read/2023/01/17/15454131/bolossekolah-20-pelajar-di-tangerang-diamankan-satpol-pp-lalu-disuruh.Artikel. Diakses pada 07 November 2023
Pravitasari, Titis. 2012. Pengaruh Persepsi Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Membolos. Educational Psychology Journal. Vol 1 (1).
Prayitno dan Erman Amti. 2015. Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Rini, R., & Muslikah, M. (2020). Hubungan Peran Keluarga dan Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1) 17–34. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7415
Santrock, J. W. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sari, D. K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.1-6
Septariadi, Dani. 2022. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Sikap Proaktif Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Al Kautsar Bandar Lampung. Universitas Lampung: Skripsi
Shocib, M. 2010. Pola Asuh Orangtua. Jakarta: Rineka cipta
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Taufik, & Amir. (2023). Kontribusi Ayah Dalam Pembimbingan Terhadap Perilaku Moral Anak. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/438
Walgito, Bimo. (2017). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi Offset
Yusuf, A. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Yusuf, Syamsu & Nani Sugandhi. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.