HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA INSTITUT INDONESIA KOTA SEMARANG

  • Nur Suci Yudistiara Universitas PGRI Semarang
  • Tri Suyati Universitas PGRI Semarang
  • Argo Widiharto Universitas PGRI Semarang
Keywords: Kepercayaan, Penyusaian, Siswa

Abstract

Penelitian ini didorong oleh temuan bahwa beberapa siswa kelas X masih mengalami kurangnya kepercayaan diri, seperti terlihat dari ketidakaktifan mereka selama proses pembelajaran, ketidakinginan untuk bertanya, serta kurangnya respons terhadap pertanyaan guru. Selain itu, siswa-siswa ini cenderung lebih suka menyendiri daripada bergaul dengan teman-teman mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan antara kepercayaan diri dan penyesuaian diri di kalangan siswa kelas X di SMA Institut Indonesia Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 158 siswa kelas X, dengan sampel sebanyak 52 siswa yang diambil melalui teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert, yang mencakup skala kepercayaan diri dan skala penyesuaian diri. Hasil uji hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kedua variabel dengan nilai korelasi (r) = 0,298. Nilai r tabel untuk 52 siswa dengan taraf signifikan 5% adalah 0,032, yang menunjukkan bahwa hubungan antara kepercayaan diri dan penyesuaian diri adalah signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan. Medan: Refika Aditama.

Ali, M., & Asrori. (2011). Psikologi Remaja-Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Alsa, A. (2006). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik. Jurnal Psikologi.

Amin, A. (2018). Hubungan Penyesuian Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja. Jurnal Psikologi.

Endang, W. N., Hendriana, H., & Ningrum, D. S. (2021). Gambaran Penyesuian Diri Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 25 Garut. Jurnal Mahasiswa Ikip Siliwangi.

Ghifani, A. (2004). Percaya Diri Sepanjang Hari. Bandung: Mujahid.

Ghufron, & Risnawati. (2010). Teori - Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Herawati, H., Taufik, T., & Nashruddin, N. (2022). Pengaruh teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 101-112.

Hurlock, E. B. (2007). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang RentangKehidupan. Semarang: Erlangga.

Keliat. (2007). Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa . Jakarta: EGC.

Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mardatillah. (2010). Pengembangan Diri. Balikpapan: Mandani.

Mentari, A. T., & Eryani, R. D. (2015). Hubungan Persepsi Terhadap Dukungan Keluarga Dengan Penyesuian Sosial Di Sekolah Pada Siswa Kelas X SMK AL-FALAH Kota Bandung. Prosiding Psikologi.

Novitasari, S. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuian Diri Siswa. Jurnal Bening.

Raudatussalamah, W., & Purnama, D. B. (2007). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Penyesuaian Diri Remaja Awal Pada Masyarakat Di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Jurnal Psikologi.

Sarwono, S. W. (2010). Psikologi Remaja. Sleman: Jakarta Raja Grafindo Persada.

Wahyuhadi, I. R. (2015). Hubungan Penyesuian Diri Di Sekolah Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MAN I Kota Magelang. Journal Student UNY.

Published
2024-08-29
How to Cite
Yudistiara, N. S., Tri Suyati, & Argo Widiharto. (2024). HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA INSTITUT INDONESIA KOTA SEMARANG . Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 127-137. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.671