HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII SMP KESATRIAN 1 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapat pemahaman yang lebih baik terkait hubungan antara self confidence dengan perencanaan karir pada siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang. Dari AKPD yang peneliti lakukan pada siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang menunjukkan hasil yang masih relatif tinggi pada aspek pribadi dan aspek karir. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara self confidence dengan perencanaan karir pada siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang yang berjumlah 75 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 75 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, yakni membuat skala self confidence dan skala perencanan karir.
Berdasarkan uji korelasi Person Product Moment, diperoleh nilai korelasi r hitung sebesar 0,588. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 75 dengan taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,224. Oleh karena itu nilai r hitung 0,588 > r tabel 0,224 yang barti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Maka disimpulkan bahwa terdapat korelasi secara signifikan antara self confidence dengan perencanaan karir siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang.
Downloads
References
Adityawarman, L. P. (2021). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165-177.
Aminurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei faktor-faktor penghambat perencanaan karir siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2).
Badan Pusat Statistik (BPS), Berita Resmi Statistik : Keadaaan Ketenagakerjaan Indonesia, 2022, www.bps.go.id.
Blegur, J. (2020). Soft Skills untuk Prestasi Belajar: Disiplin Percaya diri Konsep diri akademik Penetapan tujuan Tanggung jawab Komitmen Kontrol diri. In Scopindo Media Pustaka.
Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi dan Konseling, 165.
Helmi, Fadillah, and Rabukit Damanik. "Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas Xi Smk Tunas Pelita Binjai." Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8.1 (2022): 116-120.
Herawati, H., Taufik, T., & Nashruddin, N. (2022). Pengaruh teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 101-112.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Masturina, D. (2018). Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2).
Novitasari, A. D. (2015). Hubungan antara persepsi dukungan orang tua dengan perencanaan karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kalasan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.
Nugroho, R. (2023). Sekretaris Dewan Pendidikan Babel Ungkap Alasan Banyaknya Pengangguran dari Lulusan SMP. Bangkapos.Com. https://bangka.tribunnews.com/2023/01/12/sekretaris-dewan-pendidikan-babel-ungkap-alasan-banyaknya-pengangguran-dari-lulusan-smp
Pangastuti, Putu, A.D. 2017.” Pengaruh Dasar Karir (Carrier Anchor) Terhadap Perencanaan Karir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Sebagai Guru”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. No. 1. Vol. 9 2017, hlm 45-55.
Purworahayu, D., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kematangan karir pada siswa SMA negeri 1 Kemangkon di kabupaten Purbalingga. Jurnal Empati, 7(2), 716-721.
Ricmadayanti, C. S. (2022). Hubungan Self confidence Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XII Jurusan Perhotelan Di SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).