HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SULANG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang memiliki kepercayaan diri. Terdapat siswa yang masih bingung ketika ditanya ingin bekerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi dan beberapa siswa yang hanya diam saat diberikan pertanyaan. Banyaknya siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah ditandai dengan bingungnya siswa ketika diberikan pertanyaan mengenai perencanaan karir karena bebagai alasan antara lain: ekonomi keluarga yang kurang mendukung membuat siswa kurang percaya diri untuk mengambil langkah perencanaan karirnya, kurang mampu melihat potensi diri, dan beberapa siswa yang memilih karir mengikuti pilihan karir temannya. Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan perencanaan karir siswa kelas XII SMA N 1 Sulang. Populasi data dalam penelitian ini berjumlah 247 siswa, yang terdiri dari kelas XII IPA dan XII IPS. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 siswa. Berdasarkan uji korelasi person product moment, diperoleh nilai korelasi (r) = 0,685. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 130 didapat sebesar 0,159. Diketahui bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rhitung > rtabel, yaitu 0,685 > 0,159, maka dapat disimpulakn bahwa adanya hubungan yang signifikan dan positif antara variabel kepercayaan diri dengan perencanaan karir siswa kelas XII SMA N 1 Sulang.
Downloads
References
Amir & Taufik, (2024). Pengaruh Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Kemandirian Siswa diSekolah.https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/659
Bantara, Bagas. (2023). Rahasia Meningkatkan Kepercayaan Diri. Bagas Bantara
Fadilah, (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMK Tunas Pelita Binjai. Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan. 8(1).
Ghufron, M. N & Risnawati, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Marwoto. (2010). Percaya Diri dengan Badan Gemuk. Semarang: Alprin.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak, edisi ketujuh, jilid 2. Jakarta:Erlangga.
Sumita, S., Wicaksono, L., & Yuline, Y. Analisis Pemahaman Perencanaan Karir Siswa Di Kelas Xii Sma Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7).
Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.
Wakhinuddin. (2020). Perkembangan Karir Konsep dan Implikasinya. Padang: UNP Press.
Wardani, S. Y., & Trisnani, R. P. (2020). Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun. Edusaintek, 4.
Winkel, Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Winkel, W.S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.