RELEVANSI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PRAKTIK PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA EDUCATION 4.0

  • Tiara Maiza Dianti Jalan. Prof. Dr. Hamka, Kampus Air Tawar Barat., Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25171
  • Sufyarman Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang
Keywords: Praktik Pelayanan, Bimbingan Konseling, Era Education 4.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis relevansi pemikiran Ki Hajar dewantara dalam praktik pelayanan bimbingan dan konseling. Pemikiran Ki Hajar Dewantara telah memberikan banyak sumbangan terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia, serta implikasi terhadap praktik pelayanan bimbingan dan konseling di era education 4.0. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis kajian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan menelusuri dan mengumpulkan berbagai buku, jurnal, dokumen serta yang relevan  terkait dengan konsep pembahasan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha mengungkap fakta kejadian yang ditulis dalam pernyataan-pernyataan yang berasal dari sumber data yang diteliti. Hasil penelitian ini mengungkapkan berbagai pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan serta relevansi pemikiran Ki Hajar dewantara dalam praktik pelayanan bimbingan dan konseling era education 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, A., Awad, & Latifah. (2023). Peran Guru Dalam Pendidikan Taman Siswa Sebuah Kajian Filsafat Ki Hajar Dewantara Yang Humanisme Dan Religious. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 403–413. Retrieved from http://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/257.

Afifah, N. N., Sakir, M., & Saefullah, M. (2023). Pendidikan, humanis, islam. Konsep Pendidikan Humanis Perspektif Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan), 3(1).

Amamalia, R., & Taufik, T. (2023). PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 1-13.

Asip, M., Dwidarti, F., & Wisataone, V. (2023). Asas Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Cerita Rakyat Bengkulu. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 1-10.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Dianti, T. M., Neviyarni & Firman (2022). Competence Development Of Counseling Guidance (Bk) Teachers As Optimization Of Guidance Services And Counseling In The Society Era 5.0: Array. Literasi Nusantara, 2(2), 674-687.

Irawati, Deasy, Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022a). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493.

Irawati, Deasy, Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022b). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, Vol. 7. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493.

Mirza, M. S. (2019). Kontribusi pemikiran Ki Hajar Dewantara terhadap penguatan pendidikan karakter di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Musayyidi, M., & Arifin, S. (2021). Manajemen Pendidikan Islam Multikultural di Tengah Masyarakat Plural. Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 9(2), 291-306.

Nanggalaupi, A., & Suryadi, K. (2021). Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Serta Perdebatan Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Vs Robert M. Hutchins. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i2.1812.

Neviyarni, S., Adlya, S. I., Netrawati, N., Elfira, Y., & Dianti, T. M. (2023). Penggunaan Aplikasi Instrumen Need Asessment (Studi Kebutuhan) Bimbingan dan Konseling (BK) Berbasis Komputer Sebagai Dasar Perencanaan Program BK Bagi Guru BK di SMP. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 7(1).

Nikat, R. F. (2022). Kajian Implementasi Filsafat Ki Hajar Dewantara Dalam Konteks Pemecahan Masalah Fisika Di SMA Islam Nu Pujon Malang. Musamus Journal of Science Education, 5(1), 001–006. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/science/article/view/4590.

Pratiwi, I., & Artika, A. (2023). Relevansi Filsafat Ki Hajar Dewantara Dalam Pendidikan Matematika di Era Evolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 2738–2748. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i9.548.

Rokhyani, E. (2023). Penguatan Implementasi Peran Guru Bk/ Konselor Dalam Program Kurikulum Merdeka. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 3(2), 13–22. Retrieved from https://www.ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/146.

Romario, A. W., Saputra, A., & Nasution, B. (2023). Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan di Indonesia. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol. 1, pp. 52–60. ummaspul.e-journal.id. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.753.

Rombe, R., Rani, R., Nurlita, N., & Parinding, J. F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 541-554.

Setiyadi, B., & Rahmalia, R. (2022). Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Mengelola Lembaga Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3).

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11-24.

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Vol. 3, pp. 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922.

Umam, M. K., & Syamsiyah, D. (2020). Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Desain Pembelajaran Bahasa Arab. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2).

Published
2024-03-26
How to Cite
Maiza Dianti, T., Sufyarman, & Yeni Karneli. (2024). RELEVANSI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PRAKTIK PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA EDUCATION 4.0. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 20-29. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i1.577