KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA

  • Muhammad Fakhrur Rahman Arul Universitas Ahmad Dahlan
  • Ulfa Danni Rosada Ulfa
Keywords: beragama, bimbingan klasikal, problem based learning

Abstract

Kesadaran beragama terjadi di SMA Negeri 1 Bantul, Hasil wawancara terhadap Guru BK dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengatakan siswa masih menyepelakan agama dan terpengaruh oleh lingkungan pertemananya serta terdapat siswa yang melanggar peraturan agama, diantaranya beberapa siswa yang masih tidak sholat, perilaku yang tidak sopan, hamil diluar pernikahan dan salah satu faktor kemunduran siswa dalam beragama adalah sosial media, siswa masih merasa gengsi dalam melakukan tindakan keagamaan dan memilih untuk melakukan hal-hal yang viral di media sosial. Maka, diperlukan tindakan untuk meningkatkannnya kesadaran beragama siswa dengan menggunakan Layanan Bimbingan Klasikal teknik PBL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design menggunakan model One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan purposive sampling, yaitu 34 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bantul. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bantul, dengan jumlah 34 siswa. Uji validitas menggunakan bantuan SPSS dan Microsoft Excel. Uji reliabilitass menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data terkumpul dalam bentuk kuantitatif kemudian dianalisis statistic. Analisis data statistic dengan uji normalitas dengan uji t sampel berpasangan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa Bimbingan Klasikal dengan teknik PBL efektif digunakan untuk Meningkatkan Kesadaran Beragama siswa pada kelas XII SMA Negeri 1 Bantul ditunjukan oleh nilai t hitung = 12,017 > 2,034 (t tabel) dengan sig (p) = 0,000 < ( ) = 0,05. Skor rata-rata kesadaran beragama  siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bantul mengalami peningkatan setelah mengikuti Bimbingan Klasikal teknik PBL sebesar 5,97 poin, yaitu skor rata-rata pretest kesadaran beragama sebesar 56,59 dan setelah dilakukan Bimbingan Klasikal dengan metode Problem Based Learning (PBL) naik menjadi 62,56. Dapat disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Klasikal teknik Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kesadaran beragama siswa pada kelas XII SMA Negeri 1 Bantul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. D., Aulia, F., & Taqiyuddin, M. (2020). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Resiko Pernikahan Dini Remaja. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 4(2), 33–46.

Hanum, S. (2019). Hubungan Harga Diri Dan Pertimbangan Moral Dengan Kesadaran Beragama Pada Siswa Sma Perguruan Panca Budi Medan. Proceeding : The Dream Of Millenial Generation To Grow, 2(1), Article 1. http://proceeding.uma.ac.id/index.php/ptdomgtg/article/view/145

Hasanah, H. (2015). Faktor-Faktor Pembentuk Kesadaran Beragama Anak Jalanan. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 10(2), Article 2.

Ibdalsyah, Muhyani., & Deni, Z. M. (2019). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama Sebagai Akibat Dari Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. (n.d.). https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/538/412

Isnaini. (2016). Kekerasan Atas Nama Agama Kalam. (n.d.). Jurnal Kekerasan atas nama Agama. Volume 8, Nomor 2, Desember2014 http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/Kalam/article/view/221/159

Jannah, M., Alam, F. A., & Taufik, T. (2023). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA UPTD SMP NEGERI 33 BARRU. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 27-38.

Kusuma, E. H. (2016). Hubungan Antara Moral Dan Agama Dengan Hukum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/jppkn.v28i2.5449

Masoom, M. R., & Ahmed, A. I. M. U. (2022). The religious consciousness of the muslim minority in the muslim majority country: The case of Haidar Baba followers of Bangladesh. Cogent Social Sciences, 8(1), 2060541. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2060541

Mozghovyi, L., Muliar, V., Stepanova, O., Ignatyev, V., & Stepanov, V. (2021). Religious-Secular Reality of Individual Consciousness In The Context of COVID-19. Postmodern Openings, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.18662/po/12.2/322

Muliarahmat, A. (2022). Peran Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Ekspositori Untuk Mencegah Perilaku Merokok. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2(1), Article 1.

Nasdi, R. Y., & Muliati, I. (2022). Peranan Ikatan Remaja Masjid Raya Sunur dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama. An-Nuha, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i1.173

Nurhamidah, S., & Putra, W. N. E. (2021). Keefektifan Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 1(1). Prosiding Seminar NasionalPendidikanProfesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan Vol. 1 No. 1, Desember 2021

Nurpitasari (2019). Blended Learning: Metode Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di Abad 21 Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019. (n.d.). Retrieved January 13, 2023, from http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1409/657

Rahmi, A. (2017). Penerapan Model Konseling Islam Dalam Membantu Kesadaran Beragama Pada Remaja Menjadi Pribadi Berakhlakul Karimah. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/atj.v3i2.530

Ragita, S. P., & Fardana N., N. A. (2021). Pengaruh Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Terhadap Kematangan Emosi Pada Remaja. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 417–424. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24951

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326

Rohmah, D. S., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. (2021). Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Siswa Kelas X Yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah Sma Asshiddiqiyah Garut. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.6213

S, B., & Arif, M. (2017). Keefektifan Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Audio Visual Dalam Upaya Mencegah Terjadinya Pernikahan Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2), Article 2. https://www.i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/743

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Saputro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Sunariyanto, B. (2014). Mewujudkan Kesadaran Beragama Siswa; Studi Deskriptif Psikologis Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Ngawi. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 1(1), Article 1

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8729

Published
2024-03-31
How to Cite
Arul, M. F. R., & Ulfa, U. D. R. (2024). KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA . Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 95- 106. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i1.495