HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KARANGAWEN

  • Muhammad Qomaruddin Universitas PGRI Semarang
  • Tri Suyati Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Universitas PGRI Semarang
Keywords: Interaksi Sosial, Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Abstract

Masih ditemukan rendahnya motivasi belajar siswa adalah dasar dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 326 Sampel penelitian sebanyak 64 orang siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial teman sebaya dan motivasi belajar. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,624, sedangkan r tabel untuk jumlah sampel 64 adalah 0,254. Oleh karena itu nilai r hitung ˃ r tabel atau 0,624 ˃ 0,254 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen. Hubungan tersebut menunjukan hubungan yang positif, karena nilai r hitung yang didapat bernilai positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti bahwa jika interaksi sosial teman sebaya siswa tinggi maka motivasi sosial siswa tinggi dan sebaliknya jika interaksi sosial teman sebaya rendah maka motivasi bekajar siswa juga rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, Ratna. DKK. 2018. Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar. Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Anggun, Damayati. 2021. Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembagan Pendidikan. Vol. 5. No. 2

Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Desinta. DKK. 2019. Pengaruh Interaksi Sosial Disekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Mandiri Pontianak. Pontianak: FKIP Untan Pontianak.

Dita, Imtisal. DKK. 2022. Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas IX Cerdas Istimewa di SMP N 5 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4. No. 6.

Fitria, Restu. DKK. 2017. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Hastuningtyas, Qonita. 2021. Studi Deskriptif Permasalahan Siswa Dalam Menjalin Interaksi Sosial Kelas X SMA N 2 Cilacap Tahun 2021/2022. Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.

Imam, Tabroni dan Maryatul, Siti. 2022. Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Plus Al- Hodayah Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora. Vol. 1. No. 3.

Indrati, Endang. 2014. Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 20. No. 4.

Ira, Nurlatifah dan Rena, Andini. 2022. Pengembangan Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Anak Usia Dini Melalui Konseling Transactional Analysis. Jurnal Ilmiah Keislaman. Vol. 8. No. 1.

Karina, Rahmadani. 2022. Hubungan Intensitas Penggunaan Snarthphone dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya Pada Siswa SMA. Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Malentika, Nella. DKK. 2020. Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Suasana Hati Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah PSYCHE. Vol. 11. No. 2.

Maria, Winayang. 2021. Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 26. No. 1.

Regina. DKK. 2015. Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya Dengan Perilaku Sosial Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Sentosa Pontianak Kota. Pontianak: Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Santrock, John. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A.M. 2021. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Soegeng. 2017. Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Soesilowindradini. 2010. Psikologi Perkembangan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumali, Agus dan Serlian M, Ali. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMK. Surakarta: Ghalia Indonesia.

Uno, Hamzah. 2019. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Published
2023-09-05
How to Cite
Muhammad Qomaruddin, Tri Suyati, & Ismah. (2023). HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KARANGAWEN . Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 96-105. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/427