PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PERUNDUNGAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSRI

  • Dyah Helen Permatasari Universitas PGRI Semarang
  • W Kusdaryani Universitas PGRI Semarang
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang
Keywords: kontrol diri, perundungan, perilaku.

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Adakah hubungan kontrol diri dengan perilaku perundungan siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan perilaku perundungan siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi data penelitian sejumlah 346 siswa, meliputi kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5, XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4, XI BAHASA. Sampel uji coba (Try out) berjumlah 32 siswa kelas XI IPA 4. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 72 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Kontrol Diri dan skala Perilaku Perundungan. Hasil uji korelasi person product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,625. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 72 siswa dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai r tabel sebesar 0,235. Oleh karena itu r hitung ˃ r tabel atau 0,625 ˃ 0,235 apabila Hasil dari nilai r hitung jika ditinjau dari r tabel koefisien korelasi, maka tingkat hubungan korelasi nya kuat. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan kontrol diri dengan perilaku perundungan pada siswa kelas XI di SMAN 1 Bangsri. Hubungan tersebut menunjukkan hubungan yang negatif, karena semakin tinggi kontrol diri siswa maka semakin rendah perilaku perundungan siswa atau sebaliknya semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi perilaku perundungan siswa.

 

Kata Kunci : kontrol diri, perundungan, perilaku perundungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amamalia, R., & Taufik, T. (2023). PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 1-13.

Amsari, T. P., & Nurhadianti, R. D. D. 2020. Kontrol diri dan dukungan social teman sebaya dengan kepatuhan santri dalam melaksanakan tata tertib. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 113-119.

Ani. S. D.. & Nurhayati. T. 2019. Pengaruh bullying verbal di lingkungan sekolah terhadap perkembangan perilaku siswa. Jurnal Edueksos. 8 (2): 88 – 101.

Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi K.P.A. Jakarta: Grasindo

Arikunto, Suharsimi. 2017. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Astaurina. 2022. Hubungan kontrol diri dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 01 Tayu. Skripsi: Universitas PGRI Semarang

Baumeister. R. F.. Vohs. K. D.. & Tice. D. M. 2007. The Strength Model of Self-control. Current Directions in Psychological Science. Vol. 16. No. 6. 351-355.

Calhoun. J. F.. & Acocella. J. R. 1990. Psychology of Adjustment Human Relationship 3th ed. New York: McGraw-Hill.

Coloroso, B. 2007. Stop Bullying! Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Edisi Pertama. Diterjemahkan oleh: Santi Indra Astuti. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta

Fachrurrozi, F., & Ibrahim, I. 2018. Hubungan kontrol diri dengan disiplin siswa dalam belajar. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1-6.

Gufron, M.N., & Risnawati, Rini. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Istighfara, J. N. M. 2019. Gambaran Perilaku Perundungan Pada Anak Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Fakultas Keperawatan).

Intani, C. P., & Ifdil, I. 2018. Hubungan kontrol diri dengan prestasi belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 65-70.

Julirianto, A., & Lestari, S. 2020. Hubungan Pemantauan Orang Tua Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Perundungan Siber (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kusuma. 2016. Pengaruh layanan informasi dengan media film dan video terhadap kontrol diri siswa dalam penggunaan handphone kelas X MIPA SMA Negeri 1 Jepara. Skripsi: Universitas PGRI Semarang

Marsela, R. D., & Supriatna, M. 2019. Konsep diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 65-69.

Masitah, M., & Minauli, I. 2017. Hubungan Kontrol Diri dan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 4(2), 69-77.

Nasrullah, R. 2015. Perundungan siber (cyber-bullying) di status facebook divisi humas mabes polri. Jurnal Sosioteknologi, 14(1), 1-11.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. 2019. Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 88-99.

Setiawan, A. 2019. Hubungan Kontrol Diri dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa SMP N 15 Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Sholah, M. I. 2020. Pendidikan Akhlak Tentang Larangan Perundungan Dalam Al-Qur’an Sebuah Kajian Tafsir Tahlili QS AL-Hujarat 49: 11 (Bachelor's thesis).

Soegeng. 2017. Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama

Sovitriana, R., & Lubis, Y. N. M. 2019. Gambaran control diri terhadap perilaku konsumtif pria dewasa awal yang gemar berbelanja di mall Kawasan Jakarta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukiman. 2018. Stop Perundungan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga: Jakarta

https://repositori.kemdikbud.go.id/11609/1/Stop%20Perundungan.pdf

Supriyatno. 2021. Stop Perundungan/Bullying Yuk!. Direktorat sekolah dasar: Jakarta https://repositori.kemdikbud.go.id/22974/1/20210308%20Buku%20Saku-Stop%20Bullying-Spread%20Pages.pdf

Susanti, I. G., & Wulanyani, N. M. S. 2019. Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan kontrol diri terhadap perundungan (bullying) pada remaja awal di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 182-192.

Tang, I., Supraha, W., & Rahman, I. K. 2020. Upaya mengatasinya perilaku perundungan pada usia remaja. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 93-101.

Taufik, Amir, 2023. Kontribusi Ayah Dalam Pembimbingan Terhadap Perilaku Moral Anak.https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/438

Thalib, S. B. 2017. Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Prenada Media.

Thalib, S. B., Thalib, T., & Makkatenni, N. H. 2021. Perundungan pada Siswa SMP, Dinamika Kontrol Diri dan Konsep Diri: Faktor, Dampak dan Usaha Penanggulangan. Jurnal Psikologi Karakter, 1(2), 83-93.

Tumon. M. B. A. 2014. Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3(1): 1-17.

Widyaningrum, R., & Susilarini, T. 2021. Hubungan Antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1-6.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. 2017. Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Published
2024-03-26
How to Cite
Permatasari, D. H., Kusdaryani, W., & Agus Setiawan. (2024). PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PERUNDUNGAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSRI. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 64-78. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i1.341