ANALISIS METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QURAN SISWA SDI PESANGGRAHAN SEMARANG TIMUR

  • Putro Dwi Anggoro Universitas PGRI Semarang
  • Moh. Aniq Khairul Basyar Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Rais Universitas PGRI Semarang
Keywords: analisis, metode belajar, motivasi belajar, baca tulis Al-Quran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pembelajaran baca tulis Al-Quran yang dilakukan oleh SD Islam Pesanggrahan pada peserta didik kelas V. karena untuk meningkatkan motivasi belajar diperlukan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data sesuai yang terjadi di lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari hasil penelitian ini adalah SD Islam Pesanggrahan menggunakan metode qiroati. Selain itu, juga menggunakan metode klasikal dan individual. Dari penerapan metode tersebut diketahui bahwa peserta didik yang mempunyai motivasi belajar yang sangat tinggi ada sebanyak 19 peserta didik (85%) dari jumalah kelas V ada 22 peserta didik. Penerapan metode qiroati dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran pada kelas V di SD Islam Pesanggrahan dapat dikatakan berhasil dikarenakan motivasi belajar peserta didik tersebut mencapai kategori yang sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Munir dan Sudarsono. (1994). baca tulis al quran.

Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. IKIP Pres.

Djama’an Satori dan Aan Komariah. (2014). metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Endot Sumbogo, Wahyu NES, M. A. M. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Klasikal Teknik STAD Di Kelas XII AKL 3 SMK Takhassus Al Quran Wonosobo. 5(2), 299–306.

Hermawan, D., Roup, & Jurjani, A. (2021). EFEKTIVITAS METODE TILAWATI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA SDIT BINTANG TANGERANG SELATAN. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 168–187. https://doi.org/10.32806/jkpi.v2i1.35

Mufidah, N. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.

Slameto. (1991). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Taufik, Amir, 2023. Kontribusi Ayah Dalam Pembimbingan Terhadap Perilaku Moral Anak. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/438

V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). No Title. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 064–078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421

Published
2024-03-26
How to Cite
Putro Dwi Anggoro, Moh. Aniq Khairul Basyar, & Rahmat Rais. (2024). ANALISIS METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QURAN SISWA SDI PESANGGRAHAN SEMARANG TIMUR. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i1.259