HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG

  • Cindy Sofiyanti Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Universitas PGRI Semarang
Keywords: prokrastinasi, prokrastinasi akademik, manajemen waktu

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 163 siswa, yang terdiri dari kelas X 1, X 2, X 3, X 4, dan X 5. Teknik pengumpulan sampling pada penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan semua anggota populasi yang dimiliki yaitu sampel dalam penelitian ini adalah kelas X 2, X 3, X 4, dan X 5. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,789. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 130 dengan taraf signifikasi 5 % diperoleh sebesar 0,176. Oleh karena itu nilai r hitung 0,789 > r tabel 0,176 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang. Hubungan tersebut menunjukan kearah hubungan positif, dikarenakan nilai r hitung yang diperoleh bertanda positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti bahwa jika manajemen waktu semakin tinggi maka prokrastinasi akademik semakin rendah, begitu sebaliknya jika manajemen waktu rendah maka prokrastinasi akademik tinggi.

Kata kunci: prokrastinasi, prokrastinasi akademik, manajemen waktu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, A. E., & Kumara, A. R. (2021). Pengaruh manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa bk uad pada masa pembelajaran daring. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Bangun, M. F. A., & Sovranita, D. (2022). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 575-582.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2010). Teori-teori psikologi.

Grafiani, P. C. (2021). Seni Manajemen Waktu: Rahasia Bagaimana Orang-orang Sukses Mengatur Waktu Mereka: Anak Hebat Indonesia.

Haruna, N. H., & Fajar, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPS SMA Perguruan Islam Makassar Di Masa Pendemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-21.

Ika Sandra, K., & Djalali, M. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2 (3), 217–222.

Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). Prokrastinasi akademik siswa sma negeri di kabupaten nias selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor, 4(1), 1-12.

Prameswari, A. A. P., Mujiyati, M., & Syahniati, T. (2020). Perbandingan Manajemen Waktu Mahasiswa Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 di Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang. Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 2(2), 10-13.

Putri, N. S., Syahril, Y. F., & Habibaturrahmah, H. (2022). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Smk Negeri 9 Padang. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(2), 380-384.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2019). Dasar Metodologi Penelitian. Semarang: UPGRIS PRESS

Syartissaputri, N. P., Setiyowati, E., & Siwabessy, L. (2014). Hubungan antara manajemen waktu dengan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 56 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 88-94.

Ulum, M. I. (2016). Strategi self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153-170.

Wati, M., & Himmi, N. (2018). Hubungan manajemen waktu belajar dan peran serta orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 5 Batam. Jurnal Dimensi, 7(3), 572-581.

Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2).

Yunita, D. R., Rakhmawati, D., & Mujiono, M. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Manajemen Waktu Pada Siswa SMA N 1 Kembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2137-2142.

Yolanda, R. (2018). Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X di SMKN 2 Payakumbuh.

Published
2023-09-05
How to Cite
Cindy Sofiyanti, Dini Rakhmawati, & Ismah. (2023). HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG . Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 70-82. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/219