TEKNIK PENSTRUKTURAN DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL

  • Rahayu Dewany Uiversitas Negeri Padang
  • Rezki Hariko Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang
Keywords: Teknik Penstrukturan, Konseling Individual

Abstract

Pelaksanaan konseling individual sering ditemui bahwa klien tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan konseling atau masih ragu-ragu terhadap beberapa aspek konseling, misalnya klien tidak mengetahui apa arti, tujuan, prinsip, proses, dan konselor. dan klien berada dalam hubungan konseling. Layanan konseling individual adalah suatu proses pertolongan dari konselor kepada klien untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuan dari masalah dan upaya untuk mengembangkan kepribadian klien agar dapat menyesuaikan diri dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial yang normal, dalam pelaksanaan konseling individu. layanan konseling individual perlunya penataan teknik dalam hubungan konseling, dengan tujuan agar klien dapat mengetahui dan memahami dengan jelas apa itu konseling, tujuannya, proses pelaksanaan serta konselor dan konseli. Penataan merupakan upaya yang dilakukan konselor dalam proses konseling untuk membina pemberian bantuan melalui konseling. Penataan diperlukan untuk membawa klien ke layanan konseling individu untuk mengembangkan diri. Bagi klien yang baru pertama kali bertemu dengan konselor dan belum mengerti apa, mengapa dan bagaimana konseling, khususnya layanan konseling individual, memerlukan penataan yang lengkap.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia Putri. (2016). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor dalam Konseling untuk Membangun Hubungan Antar Konselor dan Konseli. Vol. 1, No. 1. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia., 1 No 1.

Brammer, L. M. (1982). Therapeutic Psychology. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs.

Dahnial dan warsiah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Karneli, Y. (2000). Teknik dan Laboratorium Konseling 1.

Netrawati. (2018). The Implementation of Basic Counseling Technique in Elementary School For Helping The Development and Alleviating Student’s Problems in West Pasaman District Education Office. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2 No. 2.

PPrayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil (1st ed.).

Sofyan S. Willis. (2013). Konseling Individual Teori dan Praktek. Alfabeta.

Suwandi, dkk. (2016). Teknik dan Praktik Laboratorium Konseling. Mujahid press.

Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Raja Grafindo Persada.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Published
2023-08-23
How to Cite
Dewany, R., Rezki Hariko, & Yeni Karneli. (2023). TEKNIK PENSTRUKTURAN DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 62-69. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/206