PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP TINGKAT KEAKTIFAN SISWA SMA SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa Pada Kelas XI Selama Pandemic Covid 19 Pada UPT SMA Negeri 1 Pinrang, (2) untuk mengetahui Keaktifan Siswa di UPT SMA Negeri 1 Pinrang, (3) untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa Pada Kelas XI Selama Pandemic Covid 19 Pada UPT SMA Negeri 1 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen tehadap 50 subjek penelitian yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok merupakan siswa kelas XI di UPT SMA Negeri 1 Pinrang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket penelitian dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gambaran kemampuan Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa Pada Kelas XI Selama Pandemic Covid 19 Pada UPT SMA Negeri 1 Pinrang, (2) gambaran keaktifan siswa setelah pemberian bibliokonseling meningkat atau berada dalam kategori tinggi, dan (3) Penerapan Pembelajaran dalam Jaringan Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa memiliki pengaruh yang nyata dan positif dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas XI di UPT SMA Negeri 1 Pinrang.
Downloads
References
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusuna Materi Pembelajaran Daring: Deepublish.
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas penggunaan e-learning moodle, google classroom dan edmodo. Jurnal I-Statement, 2(1), 1-6.
Hallen. (2017). Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Isman, M. (2016). Pembelajaran moda dalam jaringan (moda daring).
Liu, A., & Ilyas, I. (2020). Pengaruh pembelajaran online berbasis zoom cloud meeting terhadap hasil belajar mahasiswa fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 34-38.
Nashruddin, N., & Rauf, W. (2022). Tingkat Keefektifan Pembelajaran Online bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 957-963.
Nashruddin, N., & Tanasy, N. (2021). School policies on the use of android devices in students learning activities during the covid-19 pandemic condition. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 66-73.
Rawe, A. S., & Taufik, T. (2022). Hubungan Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Barru Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 207-216.
Sabran, S., & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Paper presented at the Seminar Nasional LP2M UNM.
Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020). Efektivitas penggunaan whatsapp group selama pandemi covid-19 bagi pelaku pendidik. Paper presented at the Seminar nasional multi disiplin ilmu, Universitas Asahan.
Tanasy, N., Aisyah, S., & Nashruddin, N. (2021). Do Vary of English Shows Good For the Children during Stay at Home?: A Library research. Utamax: Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 3(2), 97-105.
WHO. (2020). Global status report on preventing violence against children 2020.
Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.