KEBIASAAN GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK
Abstract
Paham hedonisme mengajarkan bahwa hidup merupakan meraih suatu kebahagiaan atau kesenangan sebanyak-banyaknya. Pada masa remaja, individu sedang mencari jati dirinya. Tentu ada hal-hal yang memotivasi atau mendorong para remaja dalam berperilaku seperti mengikuti gaya hidup hedonisme untuk mencapai keinginan yang berhubungan dengan kesenangan, kebebasan, dan kenikmatan hidup. Gaya hidup berkaitan erat dengan perkembangan zaman dan teknologi. Semakin bertambahnya zaman maka teknologi pun akan semakin canggih, dan semakin berkembang pula penerapan gaya hidup oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka. Kajian literatur atau kajian pustaka berisi deskripsi mengenai bidang atau topik tertentu. Pada keluarga, peran orang tua dalam keluarga sangat penting karena sikap dan perilaku seseorang. Faktor keluarga dapat dikatakan sangat penting karena sikap, perilaku dan gaya hidup seseorang dipengaruhi oleh faktor keluarga. Hal tersebut karena pola asuh keluarga yang membentuk kebiasaan anak yang secara logika merupakan pola hidupnya. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh guru BK/konselor yaitu dengan melakukan layanan informasi dengan pendekatan contextual teaching and learning dalam mengurangi sikap siswa terhadap gaya hidup hedonisme.
Downloads
References
Afifuddin. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Amstrong, K. (2003). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Asrori & Ali. (2015). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Buana, Y. E. P. A., & Tobing, D. H. (2019). Motivasi mahasiswa penerima beasiswa BIDIKMISI Universitas Udayana mengikuti gaya hidup hedonisme. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 221. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p01
Dauzan, D. P., & Anita, D. (2012). Potret Gaya Hidup Hedonisme dikalangan Mahasiswa, Studi pada Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Lampung. Jurnal sociologie, 1(3), 184-193.
Gule, Y. (2021). Studi Teologi-Etis Hubungan Perilaku Korupsi sebagai Dampak Sikap Hidup Hedonis. Kontekstualita, 36(01), 69–88. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.36.1.69-88
Hurlock, E.B. (2001). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Terjemahan oleh Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, M. F. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dalam Mengurangi Sikap Siswa Terhadap Gaya Hidup Hedonisme. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31602/jbkr.v4i1.1252
Indonesia, K. B. B. (2007). Edisi ketiga, cetakan keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Isnawati Nur Afifah Latif, N. D. H. A. (2017). Pola Pendidikan Keluarga dalam Membendung Gaya Hidup Hedonis di Lingkungan Perindustrian. 71–86.
Kotler & Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Nugrahani, P.N.A. (2003). Perbedaan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis pada Remaja Ditinjau dari Lokasi Tempat Tinggal. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.
Nurwitasari. (2015). “Religiusitas dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Gaya Hidup Hedonisme Pada Remaja”. Motivasi, 3(3), 3- 4.
Kaparang, O. M. (2013). ANALISA GAYA HIDUP REMAJA DALAM MENGIMITASI BUDAYA POP KOREA MELALUI TELEVISI. Journal “Acta Diurna”.Vol.II/No.2/2013 ANALISA, III.
Kunto. (2011). Kecil bahagia, muda foya-foya, tua kaya raya, mati maunya masuk surga. Yogyakarta: Kanisius
Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & S., S. (2018). Peran Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 147. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699
Purwanti, N. (2015). GAYA HIDUP HEDONISME DI KALANGAN REMAJA PUTRI (Studi Kasus Komunitas Warung Bumi Ayu, Jalan Gunung Agung, Kota Denpasar). Humanis, 13(1), 11–14.
Rachman, E. dan Omar, P. (2004). Gaul Meraih Banyak Kesempatan. Jakarta: Gramedia.
Rahardjo, W., Silalahi, Y.B. (2007). Perilaku Hedonisme Pada Pria Metroseksual Serta Pendekatan Dan Strategi Yang Digunakan Untuk Mempengaruhinya. Pesat Volume 2. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Siti, R. H., Turiman, S., Azimi, H., & Ezhar, T. (2013). Pengaruh Rekan Sebaya atas Tingkah Laku Hedonistik Belia IPT di Malaysia. UTM Jurnal, 20(3), 17-23.
Ten Napel, H. (1996). Kamus Teologi Inggris-Indonesia. BPK Gunung Mulia.
Trimartati, N. (2014). Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2011 Universitas Ahmad Dahlan. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 20. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i1.4462