PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Wulan Ayu Lestari Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ahman Ahman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yusi Riksa Yustiana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Keywords: bimbingan konseling, kompetensi guru, revolusi industri 4.0

Abstract

Era revolusi industri 4.0 memberikan pengaruh yang besar dalam tatanan kehidupan manusia. Selain memberikan peluang bagi setiap orang dengan kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, namun revolusi industri 4.0 ini juga memberikan tantangan tersendiri. Dampak yang diberikan dari revolusi industri 4.0 hampir pada semua sektor kehidupan dan termasuk pendidikan. Guru Bimbingan dan Konseling selaku salah satu pendidik di sekolah harus siap dengan situasi dan keadaan yang ada saat ini dan harus mempersiapkannya. Peningkatan kompetensi yang dimiliki oleh guru bimbingan dan konseling ini sangat penting dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh guru bimbingan dan konseling dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh guru bimbingan dan konseling untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 yaitu kemampuan dalam memanfaatkan teknologi, keterampilan komunikasi yang efektif, serta keterampilan literasi digital dan yang lainnya. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi guru bimbingan dan konseling di era revolusi industri ini sangat penting agar dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi perkembangan zaman yang terus berubah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmita, W., & Masril. (2022). Analisis Tantangan dan Tanggung Jawab Konselor Karier di Era Revolusi. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(1), 9–14.

Aswar, A., & Nashruddin, N. (2020). RAMBU-RAMBU BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (PERSPEKTIF MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH). Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 5(2), 45-55. doi: https://doi.org/10.32923/sci.v5i2.1391

Coorey, J. (2016). Active learning methods and technology: Strategies for design education. International Journal of Art & Design Education, 35(3), 337-347.

Fadli, R. P., Mudjiran, M., Ifdil, I., & Amalianita, B. (2019). Peluang dan tantangan bimbingan karir di sekolah menengah kejuruan pada era revolusi industri 4.0. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 102. doi: https://doi.org/10.29210/120192395

Febriya, R. W. (2014). Survei tentang persepsi dan kesiapan konselor terhadap bimbingan dan konseling berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Surabaya Selatan. (Sarjana Skripsi), State University of Surabaya, Surabaya.

Geldard, K., & Geldard, D. (2011). Konseling Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hajati, K. (2012). Pengembangan Kompetensi Konselor Sekolah Menengah Atas menurut Standar Kompetensi Konselor Indonesia (Studi Berdasarkan Profil Diskrepansi Kompetensi Aktual dengan Kompetensi Standar pada Konselor SMA Negeri di Wilayah X). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-32.

Hartini, S., Bhakti, C. P., & Rodhiyya, Z. A. (2021). Kesiapan Teknologi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, Universitas Ahmad Dahlan.

Hermawan, D., Aisyah, S., & Khoirunnissa, K. (2019). Analisis Literasi Teknologi Guru Bimbingan Dan Konseling Se-DKI Jakarta Menghadapi Era Industri 4.0. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(2), 58. doi: https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i2.367

Imawanty, & Bakhtiar Fransiska, A. (2019). Guru Bimbingan Dan Konseling Berkualitas Di Era Revolusi 4.0 : Pembelajar, Kompeten, Dan Up To Date. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Indrawan, P. A., & Lay, A. E. (2019). Guidance and counseling teachers’ competency perspective in the era of industrial revolution 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 147–161.

Magruk, A., & Rollnik-Sadowska, E. (2021). Competences of career counsellors in conditions of uncertain future-context of 4th industrial revolution. WSEAS Transactions on Business and Economics, 18, 1263–1271. doi: https://doi.org/10.37394/23207.2021.18.117

Nurrahmi, H. (2015). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling. Al-Hikmah, 9(1), 45–55. doi: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i1.87

Nursalim, M. (2020). Peluang Dan Tantangan Globalisasi Profesi Bimbingan Dan Konseling di Era Revolusi Industri 4.0. Paper presented at the Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling.

Nuryani, D., & Handayani, I. (2020). Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Palembang.

Padil, P., & Nashruddin, N. (2021). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 25-36.

Santoso, F. B. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Paper presented at the Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0, Malang. Seminar Nasional retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/apfip2/article/view/365

Sarjun, A., & Mawarni, A. (2019). Pengembangan Intervensi Konseling Naratif Berbasis Digital dalam Menjawab Tantangan era revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 211–216. doi: https://doi.org/10.30653/001.201933.100

Schwab, K. (2017). The fourth industrial revolution: Crown Busines.

Somantrie, H. (2010). Kompetensi” Sebagai Landasan Konseptual Kebijakan Kurikulum Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(6), 684–698. doi: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.497

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., & Widiyarto, S. (2020). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Paper presented at the Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA).

Published
2023-03-29
How to Cite
Lestari, W. A., Ahman, A., & Yustiana, Y. R. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1), 10-18. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/200