PENDEKATAN KONSELING KARIR TRAIT AND FACTOR DALAM MEMBANTU SISWA SMA UNTUK MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI

  • Rahayu Dewany Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mega Iswari Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Daharnis Daharnis Universitas Negeri Padang, Indonesia
Keywords: konseling karir, pemilihan jurusan, trait and factor

Abstract

Kurangnya kemampuan dalam memahami diri menyebabkan banyak siswa tingkat SMA yang masih bingung dalam memilih jurusan perguruan tinggi yang sesuai dengan dirinya untuk karir di masa depan. Seperti halnya di SMA Negeri 2 Kuta Cane terdapat beberapa siswa kelas XII yang belum dapat memahami dirinya sehingga kesulitan dalam memilih jurusan untuk kelanjutan studi mereka di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu siswa melalui pendekatan konseling trait and factor agar dapat memahami diri sehingga mudah dalam memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai dengan diri mereka. Dengan demikian, mereka mudah untuk mencapai kesuksesan karir di masa depan. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan memanfaatkan artikel atau jurnal terkait dengan pendekatan konseling karir, teori trait and factor, dan pemilihan jurusan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan pendekatan konseling karir trait and factor efektik dalam membantu siswa Kelas XII di tingkat SMA untuk memilih jurusan studi di perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat, minat, dan karakteristik mereka. Dengan demikian, mereka mudah untuk mencapai karir yang sukses di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdal, A., Suya, M., Syamsu, S., & Uman, U. (2014). Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(3), 1-7.

Agustini, Ratna, N. L., & Sulastri, M. G. S. (2014). Efektivitas Konseling Trait And Factor Dengan Layanan Informasi Terhadap Rencana Pilihan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2.

Al-Obaydi, L. H., Doncheva, J., & Nashruddin, N. (2021). EFL COLLEGE STUDENTS’SELF-ESTEEM AND ITS CORRELATION TO THEIR ATTITUDES TOWARDS INCLUSIVE EDUCATION. Воспитание/Vospitanie-Journal of Educational Sciences, Theory and Practice, 16(1), 27-34.

Ali, M. A. (2006). Psikologi remaja : perkembangan peserta didik. Bandung: Bumi Aksara.

Fitrianthamy, A. (2017). PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR DALAM PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Hidayat, D. R., & Wening, C. R. A. (2019). Karier: Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif (A. Nandika Ed. 1 ed.): Cv Jejak.

Lesmana, G. (2021). Teori dan Pendekatan Konseling (M. Arifin Ed. 1 ed.). Medan: UMSU Press.

Mahfud, M. (2016). Konseling Trait and Factor bagi Siswa yang Kesulitan dalam Memilih Program Belajar. Jurnal Fikroh, 9(2), 125-143.

Mega, I. (2018). Character Education in Developing the Careers of Children Special Needs in Vocational Providers School Inclusive. Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 220–227.

Mertosono, S. Y. (2012). Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Terhadap Pemilihan Jurusan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi.

Oktavia, I., Trisoni, R., Irman, I., Masril, M., Fitriani, W., & Silvianetri, S. (2021). Efektifitas Konseling Karir Trait and Factor dalam Meningkatkan Kematangan Karir Siswa MAN 2 Bukittinggi. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 8(2), 136–149.

Padil, P., & Nashruddin, N. (2021). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 25-36.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 66 C.F.R. (2013).

Praswastantika, Y. C. (2018). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TRAIT AND FACTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN PILIHAN KARIR SISWA KELAS XI MIA-7 SMAN 11 SURABAYA. Jurnal BK Unesa, 8(3).

Prayoga, M., Fadhli, E. P., & Martunis, Q. A. (2018). STUDI LAYANAN INFORMASI TERHADAP PERUBAHAN SIKAP SISWA DALAM PEMILIHAN JURUSAN PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2, 886–892.

Putri, S. D., Yusuf, M., & Afdal, A. (2021). Pendekatan Trait and Factor dalam Mengatasi Kecemasan Karir Siswa SMA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1513–1520.

Rumsey, M. G. (2020). Personality and interests for selection: Theoretical perspectives. Military Psychology, 32(1), 7-23.

Setiawan, M. A. (2018). Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori dan Aplikasi) (Ngalimun Ed. 1 ed.). Jakarta: CV Budi Utama.

Sulusyawati, H., Yusuf, A. M., & Daharnis, D. (2017). PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMA DITINJAU DARI STATUS SOSIAL EKONOMI, JENIS KELAMIN, DAN JURUSAN. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(1), 8.

Syahrul, M. N. S. (2020). Konseling (Teori dan Aplikasinya): Aksara Timur.

Syarif, H. (2017). PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI PADA SISIWA KELAS XI SMAN 6 BANDAR LAMPUNG. Lampung: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Tarigan, J. M. (2021). Layanan Bimbingan dan Konseling Karier di Sekolah Menengah Pertama: CV Jejak.

Woods, S. A., Edmonds, G. W., Hampson, S. E., & Lievens, F. (2020). How our work influences who we are: Testing a theory of vocational and personality development over fifty years. Journal of Research in Personality, 85.

Published
2022-09-30
How to Cite
Dewany, R., Iswari, M., & Daharnis, D. (2022). PENDEKATAN KONSELING KARIR TRAIT AND FACTOR DALAM MEMBANTU SISWA SMA UNTUK MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(2), 113-123. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/173