PENGARUH TEKNIK LEARNING CONTRACT TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

  • Herawati Herawati STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Taufik Taufik STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
  • Nashruddin Nashruddin Universitas Muslim Maros, Indonesia
Keywords: kepercayaan diri, learning contract, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif. Bentuk eksperimen yang digunakan di sini adalah True-Experimental Design, dengan bentuk Desain Pretest- Posttest Control Group-Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan IPS di UPT SMA Negeri 3 Pinrang Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IPA 1 dan IPA 2 sebanyak 20 siswa. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan statistik deskriptif dan analisis non parametrik dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan SPSS 22.00 for windows melalui two related samples tests terdapat perbedaan nilai rata-rata setelah perlakuan, yaitu lebih tinggi dari pada sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dipertegas bahwa sebelum diberikan perlakuan hasil rata-rata nilai pre-test adalah 56.6, dan setelah diberikan perlakuan hasil rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 71.4. Hal itu menunjukkan ada perubahan. Kemudian setelah itu data tersebut dianalisis, maka diperoleh nilai Z yaitu -2,807 dengan nilai Asymp Sig = 0,005 < 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “tidak terdapat pengaruh penerapan teknik learning contrack terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa pada Kelas XI IPA 1 di UPT SMA Negeri 3 Pinrang” dinyatakan ditolak. Sehingga hipotesis kerja (H1) yaitu “terdapat pengaruh penerapan teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di UPT SMA Negeri 3 Pinrang” dinyatakan diterima. Hal ini dikarenakan diperolehnya hasil uji beda yaitu nilai Asympt Sig yang lebih kecil dari taraf kesalahan yang ditetapkan yaitu sebesar 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, L. N., Susilawati, S., & Zulaiha, S. (2019). Implementasi strategi learning contract untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas IV mis guppi 11 Rejang Lebong. (Doctoral Dissertation), IAIN CURUP.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233-238.

Asiah, N. (2017). Analisis kemampuan praktik strategi pembelajaran aktif (active learning) mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 20-33.

Coorey, J. (2016). Active learning methods and technology: Strategies for design education. International Journal of Art & Design Education, 35(3), 337-347.

Hurlock, B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Komariah, N., & Novianti, L. (2022). Readiness Of Students Who Use Learning Contracts On Ante Natal Care Practice In Third Trimester. Journal of Maternal and Child Health Sciences (JMCHS), 2(1), 147-156.

Lima, R. M., Andersson, P. H., & Saalman, E. (2017). Active Learning in Engineering Education: a (re) introduction. European Journal of Engineering Education, 42(1), 1-4.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nashruddin, N. (2019). Teknik Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Non-Jurusan Bahasa Inggris. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 184-190.

Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). INCREASING THE STUDENTS’MOTIVATION IN READING ENGLISH MATERIALS THROUGH TASK-BASED LEARNING (TBL) STRATEGY (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 66 C.F.R. (2013).

Riley, J., & Ward, K. (2017). Active learning, cooperative active learning, and passive learning methods in an accounting information systems course. Issues in Accounting Education, 32(2), 1-16.

Saam, Z. (2014). Psikologi Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Silberman, M. (2011). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suhara, A. M., & San, F. D. (2017). Penerapan strategi active learning tipe kontrak belajar dalam kegiatan menulis artikel. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 71-85.

Suprijono, A. (2013). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Syahputri, N. (2017). Pengukuran Kemandirian Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Model Self-Directed Learning. Paper presented at the Seminar Nasional Informatika (SNIf).

Published
2022-09-30
How to Cite
Herawati, H., Taufik, T., & Nashruddin, N. (2022). PENGARUH TEKNIK LEARNING CONTRACT TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(2), 101-112. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/172