APLIKASI TEORI TRAITS AND FACTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR REMAJA

  • Fitria Umami Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Daharnis Daharnis Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mega Iswari Universitas Bung Hatta, Indonesia
Keywords: karir remaja, pengambilan keputusan, traits and factor

Abstract

Melalui pendekatan Traits and Factor guru bimbingan dan konseling atau konselor berusaha membantu satu atau lebih individu mandiri yang mampu menggali, menentukan, dan mengembangkan minat, bakat, potensi, dan kecerdasan yang dimilikinya berdasarkan kemampuannya pada saat ini. Sehingga dengan hal tersebut maka individu dapat merencanakan atau menentukan jurusan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, dengan begitu makan akan lebih memudahkan bagi seseorang mengambil keputusan karirnya. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literature yaitu serangkaian kegiatan dengan pengumpulan data dari berbagai sumber pustaka, dengan membaca dan juga mengolah penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Metode bertujuan untuk mengetahui hasil penelitian yang berkenaan dengan topik penulis dari berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil penelitian adalah bahwa pendekatan trait and factor sangat mempengaruhi bagi pengambilan keputusan bagi remaja dalam menentukan arah karirnya sesuai dengan pengembangan potensi yang dimilikinya, dan juga guru bimbingan dan konseling atau konselor dapat terus mempraktekkan penempatan siswa yang lebih maju sesuai dengan potensi siswa. Itu siswa dapat meningkatkan pengetahuannya tentang pekerjaan dengan bekerja sama dengan guru bimbingan dan konseling, sehingga siswa tidak memiliki pemahaman yang sangat buruk tentang jurusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminati, B. P. (2013). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Resolusi Konflik Interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222–235.

Amir. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Malang: Litersi Nusantara.

Aswar, A., & Nashruddin, N. (2020). RAMBU-RAMBU BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (PERSPEKTIF MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH). Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 5(2), 45-55.

Bahridah, A., & Yusuf, A. A. (2021). Teori Trait and Factor dalam Perkembangan Karir Siswa di SMA. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 135–141.

Basri, A., & Afdal, A. Y. (2021). Kesesuaian Antara Bakat dan Minat dalam Menentukan Jurusan Pendidikan Tinggi Melalui Bimbingan di Sekolah Menengah Atas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 157–163.

Daharnis, Z. A. (2016). The compatibility student choice of university majoring; A preliminary studies. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 101–109.

Dharsana, C. (2010). Effect of Phosphine Fumigant on Immature Stages of Tribolium Castaneum.

Diana, G., & Sedanayasa, K. S. (2014). Penerapan Konseling Trait dan Factor untuk Memantapkan Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa Kelas XI IPS

SMA N 1 Tegallalang 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Diananda. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133.

Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Febriani, A., & Yusuf, M. I. (2016). Perbedaan Aspirasi Karier Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan, dan Tingkat Pendidikan Orangtua serta Implikasinya terhadap

Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 160–171.

Ficanysha, M. I. (2022). STUDENT’S CAREER PLANNING STABILIZATION WITH TRAIT AND FACTOR THEORY. Literasi Nusantara, 2(2), 614–623.

Herr, E. L., Cramer, S. H., & Niles, S. G. (2004). Career guidance and counseling through the lifespan: Systematic approaches: Allyn & Bacon.

Liza, M. R. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Tentang Studi Lanjut terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 14–17.

Manrihu, M. T. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karir. Jakarta: Bumi Aksara.

Mirdayati, R. Y. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK).

Mustika. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Putri, M., & Yusuf, A. A. (2021). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1513–1520.

Ranny, R., AM, R. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Novita, M. N. N., & Lestarina, E. (2017). Konsep diri remaja dan peranan konseling. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(1), 40-47.

Ristian, N., & Rahmadani, D. H. (2020). Studi Literature: Pendekatan Teori Trait and Factor dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).

Saam, Z. (2014). Psikologi Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Savikas. (1996). The Theory Is the Practice. Trait-and-Factor/ Person-Enviroment Fit.

Swanson, C. A. (2000). Comparison and Oscillation Theory of Linear Differential Equations by CA Swanson: Elsevier.

Tolkoff, M. R. (2018). Phylogenetic Factor Analysis and Natural Extensions: UCLA.

Wahyuni, S., & Nurdin, N. B. (2018). Kematangan karir siswa SMA Negeri 1 Bandar Dua Pidie Jaya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(4).

Winkel, W. S. (2021). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Published
2022-09-30
How to Cite
Umami, F., Daharnis, D., & Iswari, M. (2022). APLIKASI TEORI TRAITS AND FACTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR REMAJA. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(2), 92-100. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/171