Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) dalam Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Barru
Abstract
Proses belajar mengajar di kelas terkadang menghadapi kendala utama yang berasal dari kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penggunaan model atau metode pembelajaran adalah salah satu point dari masalah guru yang harus dipecahkan. Model pembelajaran yang tepat akan memberikan hasil berupa pengalaman belajar siswa yang berhasil mencerna semua materi yang diajarkan, sehingga penggunaan model pembelajaran telah menjadi konsetrasi penelitian ini. Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan model kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Barru. (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pelaksanaan model kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) siswa kelas X MIPA SMA negeri 6 barru, dan (3) untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan model kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Barru. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen model pre-test post-test one group design yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding, dilakukan pada kelas X.I dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Sosiologi sebelum perlakuan berupa model kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) berada pada kategori rendah, dan setelah tiga kali perlakuan berupa penerapan model kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) ternyata hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan pada uji hipotesis diketahui terdapat perbedaan nilai rata-rata setelah perlakuan lebih tinggi dari sebelum diberikan perlakuan yang menujukkan keberhasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa (1) Gambaran hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan model kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Barru berada pada kategori rendah. (2) Gambaran hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Barru berada pada kategori tinggi, dan (3) Pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Barru.
Downloads
References
Anni, Catharina Tri. (2009). Psikologi Belajar. Semarang : UNNES
Arends, Richard I. (2008). Leaning To Teach. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi (2012). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
DePorter, Bobbi. et al. (1999). Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Boston: Allyn and Boston
Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibrahim, H. M.. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNNESA University Press
Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang
Purwanto (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Al Fabeta
Rodiani, Dini. (2012). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta: Bandung
Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta : Kencana
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Soekanto, Soerjono. (2007). Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja. Grafindo
Sudjana, H.D. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung; Falah Production
Sudjana. (2009). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Suhaida Abdul Kadir. (2002). Perbandingan Pembelajaran Kooperatif dan Tradisional Terhadap Prestasi, Atribusi Pencapaian, Konsep Kondisi Akademik dan hubungan Sosial Dalam Pendidikan Perakaunan. Malaysia: Universiti Putra Malaysia
Suparno. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Publisher
Suprijono, Agus. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka
Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media
Tiro, Arif. (2004). Statistika Distribusi Bebas. Makassar: Andira Publisher.