Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III UPTD SDN 4 Barru Kabupaten Barru

  • Salmiah Salmiah UPTD SDN 4 BARRU, Indonesia
Keywords: pembelajaran kooperatif, hasil belajar, student teams achievement division

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas III UPTD SDN 4 Barru Kabupaten Barru melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas III UPTD SDN 4 Barru Kabupaten Barru pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi siswa. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif adalah sebagai berikut: Keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar meningkat, hal ini dilihat dari peningkatan perhatian siswa dalam pembahasan materi pelajaran, keaktifan siswa dalam kegiatan kelompok dan diskusi kelompok, keaktifan siswa dalam menyelesaikan LKS yang diberikan, kesungguhan siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok atau pekerjaan rumah (PR). Dari skor hasil belajar yang dicapai siswa terlihat adanya peningkatan yaitu: pada Siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran matematika mencapai 57,67 dan standar deviasi 10,67 dari skor ideal 100, setelah dilanjutkan pada Siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran matematika mencapai 73,67 dan standar deviasi 10,43 dari skor ideal 100. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika Siswa Kelas III UPTD SDN 4 Barru Kabupaten Barru setelah diadakan penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. (1979). Pengaruh minat motivasi belajar berprestasi dan kapasitas kecerdasan terhadap belajar dalam kelompok akademik pada SMA Negeri Sul-Sel. (Doktor Disertasi), IKIP Malang, Malang.

Al-Obaydi, L. H., Doncheva, J., & Nashruddin, N. (2021). EFL COLLEGE STUDENTS’SELF-ESTEEM AND ITS CORRELATION TO THEIR ATTITUDES TOWARDS INCLUSIVE EDUCATION. Воспитание/Vospitanie-Journal of Educational Sciences, Theory and Practice, 16(1), 27-34.

Depdiknas. (2005a). Hakikat Pendidikan Matematika. Jakarta: Wawasan Pendidikan Matematika.

Depdiknas. (2005b). Undang-undang SIKDIKNAS 2003 (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Garfika.

Erman, S. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Gojwan, A. (2004). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. (Master Thesis), UPI, Bandung.

Haling, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran (Suatu Ringkasan). Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1991). Learrning together and alone : Cooperative, Competitive, and individualistic learning ( 3rd ed.). Upper Saddle river NJ: Prentice-Hall.

Muslimin, I. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). Pemberian tugas terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas xi smk. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-13.

Nasution, S. (1987). Teknologi Pendidikan. Bandung: Bandung Jemmars.

Nasution, S. (1989). Didaktik azas-azas mengajar. Bandung: Jermnas.

Nur, M., & Wakardari, P. R. (2000). Pengajaran Berpusat Pada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Surabaya: Pusat Sains Dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Poerwadarminta. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, N. (2011). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Slavin, R. E. (2009). cooperative learning. Bandung: Nusa Media.

Published
2022-08-30
How to Cite
Salmiah, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III UPTD SDN 4 Barru Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(2), 83-97. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/132