Peningkatan Hasil Belajar IPS Sejarah melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Mind Map pada Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri I Soppeng Riaja Kabupaten Barru

  • Almiah Yusmery UPTD SMP Negeri 18 Barru, Indonesia
Keywords: hasil belajar IPS Sejarah, model pembelajaran inkuiri, mind map

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Sejarah kelas VIII-4 melalui penerapan model pembelajaran inquri dengan mind map. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru, sebanyak  24 orang siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulam data yang digunakan adalah dengan pemberian tes hasil belajar yaitu Tes Hasil Belajar Siklus I dan Tes Hasil Belajar Siklus Siklus II dan observasi. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran inquri dengan mind map, hal ini ditandai dengan meningkatnya: (1) Skor rata-rata hasil belajar siklus I sebesar  57,50 menjadi 81,1 pada siklus II, (2) Persentase ketuntasan belajar secara klasikal siklus I sebesar 33,30% menjadi 91,70%  pada siklus II, (3) Keaktifan siswa dalam proses pembelajran melalui penerapan model pembelajaran inquri dengan mind map mengalami perubahan dan peningkatan jika dibvandingkan dengan penggunaan metode konvesional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadiah, S., Nashruddin, N., & Taufik, T. (2022). HUBUNGAN PENERAPAN KEDISIPLINAN DENGAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR SISWA DI UPTD SMP NEGERI 27 BARRU. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 73-81.

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Amiruddin. (2011). Internalisasi Nilai-Nilai Perjuangan Kemerdekaan di Banjarnegara melalui Model Pembelajaran Mind Mapping di SMAN 1 Cangadi Kabupaten Soppeng Kelas XII IPS Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana. Unnes. Semarang.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Maind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R. (1985). The conditions of learning and theory of instruction Robert Gagné. New York, NY: Holt, Rinehart ja Winston.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariyono. (1995). Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Husaini, U., & Akbar, P. S. (2011). Pengantar Statisitik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iru, L., & Arihi, L. O. S. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kartodirjo, S. (1992). Pendidikan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah (Vol. Gramedia Pustaka Utama): Jakarta.

Kasmadi, H. (1996). Model-Model dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Khan, Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Kochhar, S. K. (2008). Pembelajarah Sejarah Teaching of History. Jakarta: PT Grammedia Widiasarana Indonesia.

Mufsodah. (2011). Experimen Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Internet terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 1 Gringsing Kabupaten Batang 2010/2011. Skripsi Sarjana. Unnes. Semarang.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mutmainnah. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping di SMP Negeri 2 Sinjai Kabupaten Sinjai Kelas VII Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Sarjana. Unnes. Semarang.

Nashruddin, N., & Ningtyas, P. R. (2020). English as Foreign Language (EFL) teacher’s questioning strategies in classroom interaction. Utamax: Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 2(1), 5-11.

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis (Vol. 19, pp. 129-132): Sage Publications Sage UK: London, England.

Neuman, W. L., & Robson, K. (2014). Basics of social research: Pearson Canada Toronto.

Paramitasari, D. R. (2011). Cara Instan Melatih Daya Ingat. Jakarta: Agogos Publishing.

Rifa’i, W., & Anni, C. T. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Silberman, M. (2009). Active Learning; 1001 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Islamic Publisher.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. (2009a). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. (2009b). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajarn Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuniarti, R. E. D. (Producer). (2009). Pengaruh Metode Inkuiri dengan Teknik Mind Map terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Retrieved from um.ac.id.

Zaidi, M. Y., & Nashruddin, N. (2021). Application of Think Pair Share Learning Model and Video to Improve Students’ Writing Skill. JELITA, 105-115.

Published
2023-02-27
How to Cite
Yusmery, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Sejarah melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Mind Map pada Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri I Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(1), 13-27. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/175