Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Melalui Penerapan Pendekatan Ilmiah Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Barru

  • Asia Hukri SMA Negeri 1 Barru, Indonesia
Keywords: pendekatan ilmiah, hasil belajar, keterampilan proses

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan cara menerapkan pendekatan ilmiah yang dapat meningkatkan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Barru tahun pelajaran 2021/2022 melalui penerapan pendekatan ilmiah, (2) mengetahui dan mendeskripsikan cara menerapkan pendekatan ilmiah yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dalam Fisika peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Barru tahun pelajaran 2021/2022 melalui penerapan pendekatan ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan skor rata-rata tes hasil belajar peserta didik sebesar 74,41 dan tes keterampilan proses sains sebesar 69,26, menunjukkan kemampuan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik masih kurang sehingga perlu dilakukan penelitian siklus lanjutan dan menghasilkan rata-rata tes hasil belajar peserta didik sebesar 79 dan tes keterampilan proses sains sebesar 76,32. Hasil tes hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains menunjukkan ketercapaian indikator dan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika dapat ditingkatkan melalui pendekatan penemuan terbimbing dengan cara, guru membangkitkan motivasi awal melalui penampilan venomena sebagai pemicu untuk merumuskan masalah dan menjawabnya dalam bentuk hipotesis, pada kegiatan inti peserta didik bekerja secara kelompok mulai dari mengambil data, mengolah dan menyimpulkan, kemudian mendiskusikan dan memaparkan secara kelasikal untuk menarik kesimpulan dan di akhir pembelajaran diberikan evaluasi dan pesan-pesan moral terkait materi yang dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L.W., Krathwhl, R. D. (2010). Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ibrahim. (2008). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Materi Himpunan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. UNM Makassar. Tidak diterbitkan.

Mary, L. A. (2002). Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context, University of Jos (15). Nigeria. International Journal of Educology, Vol. 16 No.1

Nur, M. (2011). Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Surabaya. PSMS Universitas Negeri Surabaya.

Rohani, (2014). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Basic Learning). Makassar: Universitas Negeri Makassar. Tesis. PPs UNM Makassar. Makassar. Tidak diterbitkan

Sandjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Pranada. Media Group.

Semiawan, C. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta. Rineka Cipta

Sudjana. N. (2005). Penilaian Hasil Proses Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup

Published
2022-08-30
How to Cite
Hukri, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Melalui Penerapan Pendekatan Ilmiah Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(2), 98-108. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/133