Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Interaksi Sosial Budaya Sosialisasi Kelas V SDI Salomoni Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru

  • Yulia Yulia Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Yonathan S. Pasinggi Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurul Azizah D. Tantja Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Keywords: index card match, proses belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V SDI Salomoni Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru yang belum mencapai standar ketuntasan belajar minimum (SKBM) yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang interaksi sosial budaya sosialisasi melalui penerapan model pembelajaran index card match di kelas V SDI Salomoni Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan prosedur penelitian meliputi pra-tindakan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDI Salomoni Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru dengan jumlah 18 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran meningkat menjadi kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa tentang interaksi sosial budaya sosialisasi kelas V SDI Salomoni Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Obaydi, L. H., Doncheva, J., & Nashruddin, N. (2021). EFL COLLEGE STUDENTS’SELF-ESTEEM AND ITS CORRELATION TO THEIR ATTITUDES TOWARDS INCLUSIVE EDUCATION. Воспитание/Vospitanie-Journal of Educational Sciences, Theory and Practice, 16(1), 27-34.

Al-Obaydi, L. H., & Rahman, F. F. (2021). The Use of Action Research in EFL Socio-professional Context: Students-teachers’ Perceptions. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 4(2), 232-240.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Juniantika, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Wirokerten Yogyakarta. UST. Yogyakarta.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1990). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University Press.

Moleong, L. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Nashruddin, N., & Al-Obaydi, L. H. (2021). Linguistics Politeness in Reinforcing Character During Learning Activities. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 8(1), 210-217.

Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). Pemberian tugas terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas xi smk. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-13.

Nasution. (2012). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazar, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia di Kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(3).

Pemerintah. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20. Jakarta.

Permendiknas. (2006). No 22 Tahun Jakarta.

Purwanto, N. (2011). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.

Purwanto, N. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Silberman, M. (2006). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Slavin, R. E. (2009). cooperative learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda karya.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Published
2022-08-30
How to Cite
Yulia, Y., Pasinggi, Y. S., & Tantja, N. A. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Interaksi Sosial Budaya Sosialisasi Kelas V SDI Salomoni Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(2), 68-82. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/131