https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/issue/feed Jurnal Edukasi Saintifik 2024-02-21T16:00:59+00:00 Wahyuddin Rauf jurnal.edsaintifik@stkipmb.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Edukasi Saintifik adalah peer review open akses journal tentang topik ilmu kependidikan yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Barru. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu setiap Februari dan Agustus. Dewan Editor mengundang seluruh dosen, pakar peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, baik berupa hasil penelitian empiris maupun ide konseptual, yang original dan belum pernah diterbitkan di jurnal manapun. ISSN Jurnal Edukasi Saintifik adalah: <a title="e-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1612686649" target="_blank" rel="noopener">2775-3069</a> (online), dan <a title="p-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1614128019" target="_blank" rel="noopener">2797-3611</a> (cetak).</p> https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/605 Analisis Jalur Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru di SD Negeri 190 Barru 2024-02-14T08:20:35+00:00 Restu Pangestu restupangestu307@gmail.com Triana Handayani trianahandayani436@gmail.com Muhlis Muhlis cullis888@gmail.com Nur Hasnita nurhasnita4@gmail.com Ahmed Sardi ahmedsardi@stkipddipinrang.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SD Negeri 190 Barru. Pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung pada seberapa baik kualitas kinerja guru dalam menjalankan tugas akademiknya di sekolah/madrasah. Kinerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain supervisi kepala madrasah, kompetensi profesional, kepuasan kerja dan motivasi guru. Keempat faktor tersebut seharusnya berjalan secara terintegrasi dan berkesinambungan agar berdampak baik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri 190 Barru yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode sensus, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 40 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SD Negeri 190 Barru. Karakteristik pekerjaan yang berpengaruh positif terhadap kinerja guru adalah tanggung jawab, kesempatan untuk berkembang, dan lingkungan kerja. Kepuasan kerja yang berpengaruh positif terhadap kinerja guru adalah kepuasan dengan pekerjaan, kepuasan dengan gaji, dan kepuasan dengan hubungan interpersonal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja guru.</p> 2024-02-14T07:02:57+00:00 Copyright (c) 2024 Restu Pangestu, Triana Handayani, Muhlis Muhlis, Nur Hasnita; Ahmed Sardi https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/620 Navigating the Transformative Impact of Artificial Intelligence on English Language Teaching: Exploring Challenges and Opportunities 2024-02-14T07:59:50+00:00 Afif Zuhdy Idham afifzuhdyidham@stkipmb.ac.id Wahyuddin Rauf wahyuddinrauf@stkipmb.ac.id Abd. Rajab rajab@unismuh.ac.id <p>This study aims to examine the impact of artificial intelligence (AI) on English language teaching in higher education. The scope of the study was limited to the opportunities and challenges of English language teaching. This study was conducted using a mixed method of conducting surveys and in-depth interviews. A questionnaire link using Spreadsheet’s Google Form was sent to the English lecturer through the WhatsApp group and personal contact No. The study sample consisted of 16 English lecturers. Analyzing the questionnaire and interview transcript indicates that the emergence of artificial intelligence (AI) technology has created opportunities and challenges for English language teaching and learning. AI has changed the landscape of English language teaching in higher education. English lecturers utilized different types of AI for various purposes, for example, asking and solving questions and checking for grammatical errors, checking plagiarism, paraphrasing, and reviewing literature. The study also revealed that AI has a variety of advantages for language teaching and learning, including the detection of plagiarism and grammatical errors. In addition, AI has created opportunities and challenges for the future of English language teaching. AI required digital literacy to utilize. The English teaching profession might be taken over by AI in the future, so English lecturers must continuously improve their digital literacy.</p> 2024-02-14T07:47:13+00:00 Copyright (c) 2024 Afif Zuhdy Idham, Wahyuddin Rauf, Abd. Rajab https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/606 Strategi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTS DDI Pacongang 2024-02-19T15:38:01+00:00 Abdul Walid abdulwalid@stkipddipinrang.ac.id <p>Tesis ini bertujuan untuk mengetahui a) Mengetahui peningkatan Strategi Manajerial Kepala Madrasah Kabupaten Pinrang, b) Mengetahui peningkatan Kinerja Guru MTS DDI Pacongang, dan c) Mengetahui Strategi Manajerial Kepala Madrasah terhadap peningkatan Kinerja Guru MTS DDI Pacongang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan&nbsp; kualitatif, fenomenologis dan berbentuk deskriptif. Sementara pendekatan menggunakan penelitian lapangan (field research) dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan yang merujuk pada masalahnya penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian dilakukan di MTS DDI Pacongang Kabupaten Pinrang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data digunakan teknik analisis interaktif kualitatif dengan melakukan a) rudupsi data, b) penyajian data, dan c) penarikan kesimpulan setelah diverifikasi.</p> <p>Strategi manajerial kepala madrasah dalam peningkatan kiner guru MTS DDI Pacongang meliputi: 1) perencanaan dalam menyusun visi dan misi, melakukan rapat kerja, dan menyusun struktut organisasi, 2) pelaksanaan dalam melakukan program supervisi akademik, dan monitoring kinerja guru madrasah, dan 3) monitoring dan evaluasi dalam melakukan pengawasan pada pelaksanaan pengajaran, tindak lanjut supervisi akademik, dan melakukan rapat evaluasi.</p> <p>Kepada kepala madrasah agar menentukan program kerja yang dapat meningkatkan kualitas madrasah MTS DDI Pacongang karena pada dasarnya kepala madrasah adalah guru profesional yang diberikan tugas tambahan untuk melakukan manajerial dalam suatu madrasah sehingga kepala madrasah mampu membuat guru berhasil mendidik.</p> 2024-02-18T10:33:25+00:00 Copyright (c) 2024 Abdul Walid https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/636 Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas III Laboratorium FKIP Universitas Negeri Makassar 2024-02-20T03:50:58+00:00 Martha Norce Kamisopa norcexplore@gmail.com Andi Yulianti andi.yulianti081@gmail.com Abdullah Haban doel.eka22@gmail.com Rahmatullah Rahmatullah ibnuf11@gmail.com <p>Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menjelaskan bagaimana pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar kelas III. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SD Kelas III di SD Inpres 1 Fakfak. Labor FKIP Universitas Negeri Makasar. Rancangan penelitian ini adalah The Pre Test- Post Test Design, yang melibatkan 26 orang siswa. Eksperimen dilakukan dengan memberikan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji beda (UJI-T) menggunakan seri program statistik SPSS 17 for windows untuk mengetahui pengaruh dari media gambar terhadap kemampuan membaca siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil uji-t sebesar 17.86 (p=0,000) dan bila dilihat persentasi peningkatannya dari skor rata-rata 6 sebelum menggunakan media, kemudian meningkat menjadi 8.5 berarti terdapat peningkatan sebesar 2.5 (dua koma lima). Kesimpulannya, bahwa dengan media gambar dapat mempengaruhi kemampuan membaca siswa sekolah dasar kelas III, Laboratorium FKIP Universitas Negeri Makasar.</p> 2024-02-20T03:50:58+00:00 Copyright (c) 2024 Martha Norce Kamisopa, Andi Yulianti, Abdullah Haban, Rahmatullah Rahmatullah https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/637 Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring dalam Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Permainan Kartu Kata pada Kelas II Sekolah Dasar di UPT SDN 3 Sambung Jawa 2024-02-21T16:00:59+00:00 Amirullah Amirullah amirullah_12@gmail.com Hajra Nur nur_hajra.12@gmal.com Nurmi Hasrawati hasranurmi12@gmal.com Nur Lianna liannanur.12@gmail.com Abd Rajab ppg.asr.0007@instruktur.belajar.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa dalam pelajaran bahasa indonesia melalui permainan kartu kata pada kelas II sekolah dasar melalui model pembelajaran Make A Match pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring&nbsp; siswa Secara garis besar terdapat empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas dari siklus I dengan nilai rata-rata 68 dengan kategori terlaksana seluruhnya, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80 dengan kategori terlaksana seluruhnya.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-02-21T16:00:59+00:00 Copyright (c) 2024 Amirullah Amirullah, Hajra Nur, Nurmi Hasrawati, Nur Lianna, Abd Rajab