Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Perangkat Kurikulum Merdeka

  • Ihfa Indira Nurnaifah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Capaian Pembelajaran, Kesulitan Guru, Kurikulum Merdeka, Modul Ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Pinrang. Kurikulum Merdeka, yang menawarkan pendekatan fleksibel dan pembelajaran berbasis proyek, menghadirkan tantangan baru bagi guru, terutama dalam menerjemahkan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan karena kurangnya pelatihan, keterbatasan sarana dan prasarana, serta minimnya referensi bahan ajar. Selain itu, heterogenitas siswa dan keterbatasan waktu memperumit penyusunan Modul Ajar. Kendala ini berdampak pada efektivitas pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menegaskan pentingnya pelatihan yang intensif, penyediaan fasilitas pendukung, dan penguatan komunitas guru untuk mendukung implementasi kurikulum. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pembuat kebijakan pendidikan untuk meningkatkan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaika M Bagus dkk., 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Alhamuddin, 2019. Politik Kebijakan Pengengmbangan Kurikukulum di Indonesia, Jakarta : Prenada Media Group.

BSNP (2020). Panduan Pengembangan Kurikulum di Indonesia.

Daga, A. T. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar.

Djaali, 2020. Metodelogi Penelitian Kualitatif (Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Fauzi Achmad, 2022, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak’, Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya.

Harahap, E., Triastutik, M., Azizah, N., Aesti, S., & Kumiyanti, T. E. (2022). Teori Dan Riset Dalam Pengembangan Kreatif Kurikulum. Inovasi Kurikulum.

Indarwati, N. 2021. Pelaksanaan Workshop untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Membimbing Kegiatan Ekstrakurikuler Tulis dan Baca Puisi Kepada Siswa Melalui Teknik Asosiasi dan Fantasi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik.Jurnal.EducatioFKIPUNMA.

Jojor, Anita, and Hotmaulina Sihotang. 2022, ‘Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan)’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Kasmawati, 2021. Persepsi Guru Dalam Konsep Pendidikan (Studi Pada Penerapan Merdeka Belajar Di SMA Negeri 5 Takalar.

Kemendikbud. (2020). Kurikulum Merdeka: Pedoman Implementasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marisa. 2021. ‘Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0’, Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora.

M.R. Arviansyah, 2022, ‘Efektivitas Dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar’, Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Maghfiroh, Nailyl dan Sholeh Muhamad, 2022. ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0’, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan.

Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Najeelaan Shihab, 2020. Merdeka Belajar Diruang Kelas. Tangerang: Literati.

Nurnaifah, I. I., Anggriani, S., Zulpiah, A., & Wahyuni, S. (2023). Increasing Students' Physics Learning Outcomes through Experiential Learning Model. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 37-46.

Prasetya, A. E., Limiansih, K., & Krissandi, A. D. S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pgsd Untuk Mahasiswa Papua.

Rahma, A. 2018. Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) MelaluiPendidikan.Formal.Jurnal.VARIDIKA.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo.

Sartini dan Mulyono Rahmat, 2022, Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21’, Didaktik : Jurnal Ilmiah.PGSD.STKIP.Subang.

Sabanari, H., et al. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Aripi.

Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.

Sugiyono, 2007. Metode Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung.

Suharsimi dkk Arikunto, 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wahidmurni, 2019. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: RPP 1 Lembar, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Yuliana Lia, Suharsimi Arikunto, 2009. Manajemen Pendidikan, Cet. V.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published
2024-11-02
How to Cite
Nurnaifah, I. I. (2024). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Perangkat Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi Saintifik, 4(2), 65-73. https://doi.org/10.56185/jes.v4i2.868