Mengurai Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Guru Matematika
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui 1) kendala dalam merancang modul ajar pembelajaran matematika, 2) menyiapkan proyek pembelajaran matematika, dan 3) melakukan penilaian yang sesuai pembelajaran matematika pada siswa kelas X di MAN Pinrang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru Matematika kelas X. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Letak perbedaan dengan penelitian sebelumnya yaitu penelitian ini menggali lebih dalam tantangan-tantangan yang dihadapi guru matematika dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kendala utama guru matematika dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MAN Pinrang terletak pada kendala dalam merancang modul ajar, menyiapkan proyek pembelajaran, dan melakukan penilaian yang sesuai. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman mendalam tentang kurikulum baru, serta terbatasnya sumber daya dan dukungan yang memadai.
Downloads
References
Abadi, Y., Akhyak, A., & Fuadi, I. (2019). Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 36–44. https://doi.org/10.17977/um025v3i22019p036
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, Asmawati, & Hamdana. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689.
Ahmad, A. K., & Walid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.12
Alfiyanti, D. G., & Erita, Y. (2022). Validitas Bahan Ajar Dengan Model Problem Based Learning Materi Ips Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Penggerak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2353–2371.
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.
Farhana, A., Yuanita, P., Roza, Y., & Riau, U. (2023). Deskripsi Kendala Guru Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika. Mathema Journal E-Issn, 5(2), 2023.
Hanief, M. (2016). Menggagas Teknik Supervisi Klinik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Dan Keislaman FAI UNISMA, 10(2), 1–19.
Ichiana, N. N., & Razzaq, Abdul; Ahmad, A. K. (2023). Orientasi Kurikulum Merdeka: Hambatan Belajar Matematika dalam Capaian Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1162–1173. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1389
Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek (Issue 021).
Manalu, D. H., Silaban, P. J., & ... (2022). Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. … Konferensi Ilmiah Dasar. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3072
Marannu, B. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Madrasah Negeri Di Kabupaten Gowa. Educandum, 7(1), 1–18. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/485
Marleny Leasa, J. R. B. (2017). Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam)Siregar, L. Y. S. (2017). Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam). Fikrotuna, 5(1). https://doi.org/10.32806. Fikrotuna, 5(1). file:///C:/Users/TOSHIBA/Downloads/2945-Article Text-7873-2-10-20171113-2.pdf
Muhardi, & Walid, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 9–21. http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/jse/article/view/2%0Ahttp://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/jse/article/download/2/2
Musa, L. A. D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Kelola: Journal of Islamic Education …. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola/article/view/445
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Nurvicalesti, N., Dewi, N. R., & Walid, W. (2019). Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) berpendekatan Realistik. … Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28878
Prasetyo, B., Yuwono, C., Mubarok, D., & Praneswari, P. M. (2023). Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-225.
Rohmawati, M. (2019). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(2), 207–211. https://doi.org/10.33369/mapen.v13i2.9679
Rosyidah, A. N. K., & Hartono, H. (2019). Keefektifan Media Koin Bilangan Dan Garis Bilangan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Pedagogi: Jurnal Penelitian …. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2191
Sahrina, A., & Kusumawati, I. B. (2023). Analisis Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 58–66.
Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.
Sardi, A., Ahmad, A. K., & Rauf, F. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 1-8.
Copyright (c) 2024 Andi Kamal Ahmad, Abdul Razzaq, Abdul Walid, Ahmed Sardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.