Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring dalam Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Permainan Kartu Kata pada Kelas II Sekolah Dasar di UPT SDN 3 Sambung Jawa

  • Amirullah Amirullah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hajra Nur Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurmi Hasrawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Lianna Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abd Rajab Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Keterampilan, Membaca nyaring, Kartu kata, Siswa Kelas II

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa dalam pelajaran bahasa indonesia melalui permainan kartu kata pada kelas II sekolah dasar melalui model pembelajaran Make A Match pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring  siswa Secara garis besar terdapat empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas dari siklus I dengan nilai rata-rata 68 dengan kategori terlaksana seluruhnya, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80 dengan kategori terlaksana seluruhnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusalim, & Suryanti. (2021). Konsep dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Bintang Pustaka Madani. http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/181489

Asdam, M. (2016). Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual). Makassar: LIPa.

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31.

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.

N. K. Pariadi, I. N. Sudipa, I. A. M. P. (2019). Media Kartu Bergambar sebagai Media Pengajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Kelompok Belajar B Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bali Kiddy. 5(2), 46–57.

Nadih, M. (2019). Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa menggunakan Media Kartu Gambar. 1–6.

Pahlawan, U., Tambusai, T., Perwitasari, D., & Fatayan, A. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. 4, 2556–2560.

Rauf, W. (2017). Students’ Perception Towards the Lecturer’s Teaching Styles and Personality Traits At Muhammadiyah University of Makassar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumardjan. (2017). Media Kartu Sekolah Dasar. Formaci.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tarigan, H. G. (1994). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung. Penerbit Angkasa.

Published
2024-02-21
How to Cite
Amirullah, A., Nur, H., Hasrawati, N., Lianna, N., & Rajab, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring dalam Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Permainan Kartu Kata pada Kelas II Sekolah Dasar di UPT SDN 3 Sambung Jawa. Jurnal Edukasi Saintifik, 4(1), 38-45. https://doi.org/10.56185/jes.v4i1.637