Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas III Laboratorium FKIP Universitas Negeri Makassar

  • Martha Norce Kamisopa Universitas Negeri Makassar
  • Andi Yulianti Universitas Negeri Makassar
  • Abdullah Haban Universitas Negeri Makassar
  • Rahmatullah Rahmatullah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kemampuan Membaca, Media Gambar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menjelaskan bagaimana pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar kelas III. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SD Kelas III di SD Inpres 1 Fakfak. Labor FKIP Universitas Negeri Makasar. Rancangan penelitian ini adalah The Pre Test- Post Test Design, yang melibatkan 26 orang siswa. Eksperimen dilakukan dengan memberikan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji beda (UJI-T) menggunakan seri program statistik SPSS 17 for windows untuk mengetahui pengaruh dari media gambar terhadap kemampuan membaca siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil uji-t sebesar 17.86 (p=0,000) dan bila dilihat persentasi peningkatannya dari skor rata-rata 6 sebelum menggunakan media, kemudian meningkat menjadi 8.5 berarti terdapat peningkatan sebesar 2.5 (dua koma lima). Kesimpulannya, bahwa dengan media gambar dapat mempengaruhi kemampuan membaca siswa sekolah dasar kelas III, Laboratorium FKIP Universitas Negeri Makasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Ainun, S., Fahruddin, F., Rachmayani, I., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di Kecamatan Wera Tahun 2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 67–73.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1), 85–99.

Dash, M. (2023). Cone of Experience: The Legacy of Edgar Dale. In AECT at 100 (pp. 136–144). Brill.

Hairuddin, N. H., Abubakar, M., & Astri, Z. (2022). The Utilization of Video-Based Learning in Teaching English for Non-English Major Students. SELTICS, 27–33.

Hambali, U., Rajab, A., Rasmi, & Rauf, W. (2021). The Philosophical Foundation of English Textbook “ Buku Bahasa Inggris ” for Vocational High School Student Grade XII 2018 Revision. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 360–369.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. DIVA Press.

Junining, E. (2017). Membaca Kritis, Membaca Kreatif: Panduan Praktis Bagaimana Cara Membaca Kritis untuk Semua Kalangan. Universitas Brawijaya Press.

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD. In Media Maxima. Media Maxima.

Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of Text Illustrations: A Review of Research. Ectj, 30(4), 195–232.

Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media dalam Mendukung Proses Pembelajaran yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).

Piaget, J. (2003). Part I: Cognitive Development in Children--Piaget Development and Learning. Journal of Research in Science Teaching, 40.

Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, M., Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14114–14120.

Rauf, W., Rajab, A., & Nashruddin, N. (2023). Exploring the Learning Design on Learning Management System for Online Learning : A Case Study in Higher Education. 8, 1–10. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1075

Rosenblatt, L. M. (1993). The Transactional Theory: Against Dualisms. College English, 55(4), 377–386.

Subyantoro, S. (2011). Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. In Graha Ilmu. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (1985). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17–48.

Published
2024-02-20
How to Cite
Kamisopa, M. N., Yulianti, A., Haban, A., & Rahmatullah, R. (2024). Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas III Laboratorium FKIP Universitas Negeri Makassar. Jurnal Edukasi Saintifik, 4(1), 29-37. https://doi.org/10.56185/jes.v4i1.636