Analisis Jalur Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru di SD Negeri 190 Barru

  • Restu Pangestu Universitas Negeri Makassar
  • Triana Handayani Universitas Negeri Makassar
  • Muhlis Muhlis Universitas Negeri Makassar
  • Nur Hasnita Universitas Negeri Makassar
  • Ahmed Sardi STKIP Darud Da'wah wal Irsyad Pinrang
Keywords: Karakteristik Pekerjaan, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SD Negeri 190 Barru. Pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung pada seberapa baik kualitas kinerja guru dalam menjalankan tugas akademiknya di sekolah/madrasah. Kinerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain supervisi kepala madrasah, kompetensi profesional, kepuasan kerja dan motivasi guru. Keempat faktor tersebut seharusnya berjalan secara terintegrasi dan berkesinambungan agar berdampak baik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri 190 Barru yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode sensus, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 40 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SD Negeri 190 Barru. Karakteristik pekerjaan yang berpengaruh positif terhadap kinerja guru adalah tanggung jawab, kesempatan untuk berkembang, dan lingkungan kerja. Kepuasan kerja yang berpengaruh positif terhadap kinerja guru adalah kepuasan dengan pekerjaan, kepuasan dengan gaji, dan kepuasan dengan hubungan interpersonal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 225–238.

Anwar, P. M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D. (2020). Analisis Variabel Komitmen Organisasi, Iklim Kerja, Kepuasan Kerja dan Etos Kerja yang Memengaruhi Kinerja Pegawai. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 19(8), 159–170.

Isrorina, I., & Setyowati, W. (2009). Pengaruh Pemberdayaan Pegawai Dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Mediasi Iklim Organisasi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 6(1).

Johari, J., & Yahya, K. K. (2009). Linking Organizational Structure, Job Characteristics, and Job Performance Constructs: a Proposed Framework. International Journal of Business and Management, 4(3), 145–152. https://doi.org/10.5539/ijbm.v4n3p145

Kassem, H. S., & Sarhan, A. M. (2013). Effect of job characteristics on satisfaction and performance: A test in Egyptian agricultural extension system. African Journal of Agricultural Research, 8(48), 6126–6130. http://www.academicjournals.org/AJAR

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. In CV Jejak. CV Jejak (Jejak Publisher).

Pujoandika, R., & Sobandi, A. (2021). Dampak kinerja guru dan motivasi belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(1), 47–56. https://doi.org/10.17509/jpm.v6i1.40824

Rahman, A. (2021). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. PILAR, 12(2), 50–65.

Retnoningsih, T., Sunuharjo, B., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(2), 53–59.

Rindiantika, Y. (2020). Guru Dalam Perspektif Kinerja: Kajian Teori. INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 60–70.

Sitorus, A., & Kholipah, S. (2018). Supervisi Pendidikan: Teori dan Pengaplikasian. Swalova Publishing.

Sudrajat, A. (2023). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal on Education, 5(3), 7245–7265. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1513

Supono, B., & JP. Latynina. (2006). Pengaruh Motivasi, Kompetensi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(1), 32–48.

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Walker, B. J. A., Russel, D., & Kurz, T. (2017). Community Benefits or Community Bribes? An Experimental Analysis of Strategies for Managing Community Perceptions of Bribery Surrounding the Siting of Renewable Energy Projects. Environment and Behavior, 49(1), 59–83.

Zakariah, M. (2021). Gapin Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Attaufiq Pekkae Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(1), 69–79.

Published
2024-02-14
How to Cite
Pangestu, R., Handayani, T., Muhlis, M., Hasnita, N., & Sardi, A. (2024). Analisis Jalur Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru di SD Negeri 190 Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.56185/jes.v4i1.605