Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Pemberian Tugas Terstruktur pada Setiap Akhir Pembelajaran Siswa Kelas XII MIA MA Negeri Mangempang Barru
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: (1) mencari informasi tentang pelaksanaan pembelajaran dengan pemberian tugas terstruktur setiap akhir pembelajaran dengan umpan balik, (2) untuk memperoleh informasi tentang kualitas hasil pembelajaran matematika melalui pemberian tugas terstruktur setiap akhir pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen jumlah sampel terdiri atas 3 kelas yaitu XII MIA.1, kelas XII MIA.2 dan kelas XII MIA.4 masing-masing kelas berisi 22 orang dengan asumsi kelas ini homogen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes prestasi. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan kualitas hasil belajar antara ketiga kelompok siswa yang diberi perlakuan umpan balik terhadap pemberian tugas terstruktur pada kompetensi dasar dimensi tiga, diketahui bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar antara ketiga kelompok siswa yang diberikan umpan balik terhadap tugas terstruktur, (2) ketiga cara perlakuan yang diterapkan pada pemberian tugas terstruktur dengan umpan balik pada siswa kelas XII MIA, yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran matematika adalah pemberian umpan balik cara I yaitu mengembalikan dengan nilai, yang salah diperbaiki dan yang benar diberi penguatan positif.
Downloads
References
Fitriyah, L. M. dan Indraswari, N. F. (2018) “Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Daya Nalar Mahasiswa melalui Pemberian Tugas Terstruktur dan Diskusi Menggunakan Aplikasi Whatsapp,” Sigma, 4(1), hal. 20–28.
Hudoya, Herman,.1988. Mengajar Belajar Matematika. PPLPTK.Jakarta
Mappa, Syamsu. 1975. Teori dan Praktek Prosuder Pengembangan Sistem Instruksional. Diktat Penataran Guru SMP-SMA se Sul-Sel,Maluku dan IRJA . Makassar.
Nasution, 1984. Beberapa pendekatan dalam proses belajar mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Rahman, Abdul. 1997. Analisis Kemampuan Awal Mahasiswa Program mata Pelajaran Baru (MPB) Jurusan Pendidikan Matemtika FPMMIA IKIP Ujung Pandang. Laporan penelitian. IKIP Ujung Pandang.
Side, Sumiati 1984. Pengaruh Pekerjaan Rumah Terhadap Prestasi Siswa. FPMMIA IKIP Ujung Pandang.
Siregar,Tetty A.1988.Tingkat Daya Serap Siswa SPG Dalam Bidang StudiMatematika Di Kotamadya Ujung Pandang. Laporan Penelitian IKIP Ujung Pandang.
Slameto.1988.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cet-2, Jakarta: Bina Aksara.
Sriwidiarti, D. (2016) “Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Dian,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), hal. 63–74.
Sudirman A.M. 1988. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Cet-2,Jakarta :Rajawali Pers.
Sudjana. 1992. Metode Statistik. Bandung : Tarsito.
Sudjana,Nana. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Surahkmad,Winarno,.1973. Dasar-dasar dan Teknik Instruksional Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito.
Wahyuddin, W. (2020) “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Pemberian Tugas Terstruktur Disertai Umpan Balik,” Media Pendidikan Matematika, 8(2), hal. 61. doi: 10.33394/mpm.v8i2.3142.
Copyright (c) 2023 Salmah Salmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.