Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Pemberian Tugas Terstruktur pada Setiap Akhir Pembelajaran Siswa Kelas XII MIA MA Negeri Mangempang Barru

  • St. Salmah
Keywords: Keefektifan, pembelajaran matematikan, tugas terstruktur

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk:  (1) mencari informasi  tentang pelaksanaan pembelajaran dengan pemberian tugas terstruktur  setiap akhir pembelajaran dengan umpan balik, (2) untuk memperoleh informasi tentang kualitas hasil pembelajaran matematika melalui pemberian tugas terstruktur setiap akhir pembelajaran.  Jenis penelitian  ini adalah penelitian eksperimen  jumlah sampel  terdiri atas 3 kelas yaitu  XII MIA.1, kelas XII MIA.2 dan kelas XII MIA.4 masing-masing kelas berisi  22 orang  dengan  asumsi kelas  ini  homogen. Teknik  pengumpulan  data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes prestasi. Hasil analisis  data menunjukkan perbedaan kualitas hasil belajar  antara ketiga kelompok siswa  yang diberi perlakuan umpan balik terhadap pemberian tugas terstruktur  pada  kompetensi dasar dimensi tiga, diketahui bahwa: (1)  ada perbedaan prestasi belajar antara ketiga kelompok siswa yang diberikan umpan balik terhadap tugas terstruktur,  (2) ketiga  cara perlakuan yang diterapkan pada pemberian tugas terstruktur dengan umpan balik pada siswa kelas XII MIA, yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran matematika adalah pemberian umpan balik cara I yaitu  mengembalikan dengan nilai, yang salah diperbaiki dan yang benar diberi penguatan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyah, L. M. dan Indraswari, N. F. (2018) “Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Daya Nalar Mahasiswa melalui Pemberian Tugas Terstruktur dan Diskusi Menggunakan Aplikasi Whatsapp,” Sigma, 4(1), hal. 20–28.

Hudoya, Herman,.1988. Mengajar Belajar Matematika. PPLPTK.Jakarta

Mappa, Syamsu. 1975. Teori dan Praktek Prosuder Pengembangan Sistem Instruksional. Diktat Penataran Guru SMP-SMA se Sul-Sel,Maluku dan IRJA . Makassar.

Nasution, 1984. Beberapa pendekatan dalam proses belajar mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, Abdul. 1997. Analisis Kemampuan Awal Mahasiswa Program mata Pelajaran Baru (MPB) Jurusan Pendidikan Matemtika FPMMIA IKIP Ujung Pandang. Laporan penelitian. IKIP Ujung Pandang.

Side, Sumiati 1984. Pengaruh Pekerjaan Rumah Terhadap Prestasi Siswa. FPMMIA IKIP Ujung Pandang.

Siregar,Tetty A.1988.Tingkat Daya Serap Siswa SPG Dalam Bidang StudiMatematika Di Kotamadya Ujung Pandang. Laporan Penelitian IKIP Ujung Pandang.

Slameto.1988.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cet-2, Jakarta: Bina Aksara.

Sriwidiarti, D. (2016) “Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Dian,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), hal. 63–74.

Sudirman A.M. 1988. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Cet-2,Jakarta :Rajawali Pers.

Sudjana. 1992. Metode Statistik. Bandung : Tarsito.

Sudjana,Nana. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Surahkmad,Winarno,.1973. Dasar-dasar dan Teknik Instruksional Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito.

Wahyuddin, W. (2020) “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Pemberian Tugas Terstruktur Disertai Umpan Balik,” Media Pendidikan Matematika, 8(2), hal. 61. doi: 10.33394/mpm.v8i2.3142.

Published
2023-09-23
How to Cite
Salmah, S. (2023). Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Pemberian Tugas Terstruktur pada Setiap Akhir Pembelajaran Siswa Kelas XII MIA MA Negeri Mangempang Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(2), 122-130. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/483