Penggunaan Teknik Assosiasi Bebas dan Play Therapy dalam Konseling Kelompok untuk Membantu Mengentaskan Masalah Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Enrekang

  • Adabia Passalowongi SMPN 4 Enrekang
Keywords: Teknik Assosiasi Bebas, Play Therapy, Konseling Kelompok

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan kelas (PTK)   yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Enrekang dan waktu penelitian Agustus - Desember 2022.Dimana teknik analisis datanya menggunakan pendekatan kualitatif(Milles dan Huberman) yang meliputi Koleksi data,reduksi data,pemaparan data,triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Teknik assosiasi  bebas  membantu  memudahkan  siswa  mengungkap  masalah,masalah yang berhasil dihimpun oleh konselor melalui teknik assosiasi bebas yaitu, takut tidak  naik  kelas,  dimarahi  orang  tua,  takut  pada  guru,  tidak  mengerjakan tugas,tidak bisa konsentrasi dan dikompas teman. 2. Melalui kegiatan play therapy siswa menjadi senang,akrab, tidak canggung. Play therapy dilakukan sebelum, selama  dan  sesudah  konseling  kelompok.  Jenis  play  therapy  yang  digunakan antara   lain  membuat   menara,   estafet  bola,-korek   api,-kacang   atom,  kucing mengejar tikus, kata berkait, tebak kata, strip three dll. 3. Pelaksanaan konseling kelompok pada siklus I masih ada siswa yg kurang komunikatif,   dan ada siswa yang sudah menjalankan  keputusan  konseling  tetapi masalah  tidak selesai,  ada yang   belum   menjalankan   keputusan   konseling   dan   ada   yang   menjalankan keputusan konseling dimana masalah terselesaikan tetapi timbul masalah baru, sehingga dalam konseling kelompok siklus II konselor melakukan mediasi dengan pihak  penyebab  masalah  dan  menggunakan  teknik  “Kursi  Kosong”  sehingga dalam konseling kelompok siklus II ssemua siswa sudah komunikatif dan masalah terselesaikan. Akhirnya dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik assosiasi bebas dan play therapy dalam konseling kelompok dapat membantu mengentaskan masalah siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib . Z, 2006. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung : Yama Widya

Axline, Virginia. 2009. Play Therapy. http://id.wikipedia.org/ wiki

Dinas pendidikan. 2006. Program Pengembangan Diri Bimbingan dan

Konseling. Jakarta: Dikmenum

-----------------------. 2002. Panduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis

Kompetensi . Jakarta: Dikmenum

Firdha Kurnia Widyasari.2009, Peranan terapi bermain: Media Indonesia com, Freud,

Sigmund.2009. Assosiasi Bebas. http://id.Wikipedia.org/wiki

Kartini Kartono. 2003. Kamus Psikologi, Jakarta: Balai Pustaka

Moeloeng. 2004. Teknik Analisis Data dalam penelitian. UTCbWed, 27 Feb 2008

Nani Sunarni.2008. Drama Sebuah alternatif Obyek Penelitian Bahasa,Jurnal

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling kelompok ( Dasar dan Profil).

Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudarsono. 1997. Kamus Psikologi, Jakarta: Rineka Cipta.

Zaenudin . 2009. Pelayanan Konseling Dalam KTSP. Jakarta : P4TK

------------ . 2009. Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pelayanan Konseling

Published
2023-10-20
How to Cite
Passalowongi, A. (2023). Penggunaan Teknik Assosiasi Bebas dan Play Therapy dalam Konseling Kelompok untuk Membantu Mengentaskan Masalah Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Enrekang. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(2), 131-141. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/458