Pengaruh Layanan Informasi Pembelajaran Terhadap Kreativitas Belajar Siswa DI UPTD SMP Negeri 11 Barru
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Layanan Informasi Pembelajaran Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Di UPTD SMP Negeri 11 Barru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa UPTD SMP Negeri 11 Barru yang berjumlah 286 siswa dan diperoleh sampel 71 responden dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan triangulasi data yaitu dokumentasi, wawancara, dan angket. Sementara teknik Analisis Data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan basil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Setelah dilakukan perhitungan.maka diperoleh nilai koefisien korelasinya 0,01. Dimana dari hasil uji korelasi ternyata F Hitung (0,358) < F Tabel (3,13) maka dapat disimpulkan bahwa F Hitung lebih besar dari F Tabel = Ho ditolak, Ha diterima. Artinya ada pengaruh layanan informasi pembelajaran terhadap kreativitas belajar siswa UPTD SMP Negeri 11 Barru.
Downloads
References
Ahmad, R. M., & Arkiang, F. (2021). Pengaruh penggunaan web module fisika berbasis NTT's local wisdom terhadap kemampuan berpikir kreatif. Journal of Nusantara Education, 1(1), 33-39.
Arikunto, S. (2019) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka cipta.
Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi dalam publikasi ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2).
Enita Evilia. dkk. (2017) yang berjudul Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII F SMPN 17 Kota Jambi. di akses pada tanggal 27 Agustus 2022: https://repository.unja.ac.id/1717/
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Maulana, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Model Problem-Based Learning Berbantuan Google Classroom. (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).
M. Nur Ghufron & Rini Risnawitaq S. (2017) Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta
Pakmahan, Andrew Fernando, dkk. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan kita menulis: Medan
Prayitno dan erman amti. (2015). Dasar Dasar Bimbingan Dan Konseling Rineka Cipta: Jakarta
Rawe, A. S., & Taufik, T. (2022). Hubungan Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Barru Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 207-216.
Rangkuti, D. E. S., Rangkuti, D., & Nasution, A. S. (2022, April). Pkm Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 5, No. 1, Pp. 47-52).
Scanlan, Craig L. (2012). Instructional Media: Selection and Use. Online; http://www.umdnj.edu/idsweb/idst5330/instructional_media.htm: Diakses Tanggal 3 Mei, 2022
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Susanti, M., & Onan, F. (2022). Fungsi Layanan Informasi Dalam Memberikan Pemahaman Tentang Pelecehan Seksual Kepada Anak. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 13(1), 39-49.
Taufik, T. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Penjas Dengan Model Ctl (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 02 Barru. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 48-57.
Tohirin, (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah (Berbasis Integrasi). Rajawali Pers: Jakarta
Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020, August). Pentingnya penggunaan m edia bimbingan dan konseling dalam layanan informasi. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 126-131).
Copyright (c) 2023 A. Jaya Alam Passalowongi, Hady A.S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.