Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Quantum Learning Murid Kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan metode quantum learning pada murid kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep sebanyak 10 murid yang terdiri atas 6 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode quantum learning pada murid kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I 56,5 dan yang tuntas 7 murid atau 70%, dan skor rata-rata hasil belajar IPA murid pada siklus II meningkat menjadi 78,7 dan yang tuntas sebanyak 10 murid atau 100%. Di samping itu juga, data hasil observasi disetiap siklus menunjukan adanya perubahan sikap murid kearah positif. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada murid kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep dapat ditingkatkan melalui metode quantum learning.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Darwanto. 2017. Pembelajaran dengan Menerapakan Keterampilan Proses, Bandung: Mandar Maju.
Dimyati. 2015. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Nurdin Ibrahim, 2013. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif Untuk Perataan Kualitas Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , No. 044 Tahun Ke-9.
Patta Bundu. 2006. Penialaian Keterampilan Proses dan sikap Ilmiah dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sahabuddin, 2007.Mengajar dan Belajar.Makassar : Badan Penerbit UNM.
Sundari, F. (2017) “Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD,” LPPM Unindra, (April), hal. 60–76. Tersedia pada: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1665.
Susanto Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
W Gulo. 2018. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: Grasindo.
Copyright (c) 2023 A. Aqila Nurfadiah, Puspawati Hera, Nasrah Nasrah, Syamsiar Syamsiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.