Penerapan Metode Active Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di SMK Negeri 6 Bungo

  • Hanura Hanura SMK Negeri 6 Bungo, Indonesia
Keywords: Active learning, hasil belajar, bahasa Indonesia

Abstract

Terjadinya underestimate pada pelajaran Bahasa Indonesia menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sebagai pendidik dalam menghadapi hal tersebut seharusnya membuat pembelajaran yang dapat menarik siswa. Seperti model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Penerapan Active Learning dianggap mampu mengatasi hal tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X.2 SMK Negeri 6 Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana terdiri dari 29 siswa kelas X yang akan diberi perlakuan dan dibandingkan persentase dari hasil belajar bahasa indonesia antara siklus pertama dengan siklus kedua setelah diberikan tindakani.Hasil penelitian ini adalah saat siklus pertama yaitu 38,79% pada pertemuan pertama dan 63,79% di pertemuan ke dua. Pada siklus II, pada penilaian 7 untuk pertemuan pertama dengan presentase 82,75% menjadi 94,83% di pertemuan ke dua. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran active learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, S. P., & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer (Vol. 1). Pusat Penerbitan LPPM.

Darmadi, H., & MM, M. (2018). Guru Abad 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”. GUEPEDIA.

Fitriyah, Mahmudah dkk. 2009. Keterampilan Indonesia. Jakarta: FITK Press.

Hartono. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hudaa, Syihaabul. 2018. “UKBI sebagai Suatu Cara Peningkatan Kesadaran Berbahasa Era Modern.” Prosiding, Ceramah Ilmiah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Jannah, E. S. N. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran “Active Learning-Small Group Discussion” di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran. FONDATIA, 3(2), 19-34.

Lestari, D. A. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya Siswa. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 66-78.

M. Silberman. 2005. Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif, Jakarta: Rineka Cipta

Muhtadi, A. (2009). Model Pembelajaran “active learning” dengan Metode Kelompok untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Tersedia (online): http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/132280878/19.% 20Pembelajaran% 20Aktif. PPs% 20UPI% 20Bandung. pdf. Diakses pada tanggal, 10.

Muliastuti, Liliana. 2017. Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jakarta: Obor.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasik Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktadiana, B. (2019). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(2), 143-164.

Subhan, A. (2013). Penerapan Strategi Belajar Aktif (active learning Strategy) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Nurul Hidayah.

Published
2023-08-15
How to Cite
Hanura, H. (2023). Penerapan Metode Active Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di SMK Negeri 6 Bungo. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(2), 84-90. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/184