Penerapan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Mallusetasi Kabupaten Barru

  • Faridah Faridah UPTD SMP Negeri 23 Barru, Indonesia
Keywords: hasil belajar, matematika, metode buzz group

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran metode Buzz Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 7 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur kerja penelitian setiap siklus berlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan pengamatan melalui lembar observasi. Siklus I dan II dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. 3 pertemuan tiap siklus adalah proses belajar mengajar dan 1 pertemuan masing-masing siklus adalah pemberian tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui pembelajaran metode Buzz Group, hal ini ditandai dengan meningkatnya: (1) Skor rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 74.07 menjadi 77.76 pada siklus II, (2) Persentase ketuntasan belajar secara klasikal siklus I sebesar 57.14 % menjadi 85.71 % pada siklus II, (3) Persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 79,05 % pada siklus I dan menjadi 84,33 % pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2010). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Arisman, R. (2019). Buzz Group Technique to Increase Writing Skill at EFL Students of Junior High School in Indonesia. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 1(2), 92-107.

Ernest, P. (2015). The Social Outcomes of Learning Mathematics: Standard, Unintended or Visionary? International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 3(3), 187-192.

Gagne, R. (1985). The conditions of learning and theory of instruction Robert Gagné. New York, NY: Holt, Rinehart ja Winston.

Gillies, R. M. (2014). Cooperative learning: Developments in research. International Journal of Educational Psychology, 3(2), 125-140.

Hudoyo. (2012). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Juliarini, A. (2020). DISKUSI BUZZ GROUP DAN WINDOW SHOPPING DALAM PERSEPSI PESERTA PEMBELAJARAN, MANA YANG LEBIH MENARIK? Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 133-139.

Jusrianti. (2008). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Yogyakarta: Cahaya Ilmu.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578.

Mardiana. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Dunia Pustaka.

Mas’ud, B. (2008). Pedoman dan Teknik Penulisan Skripsi. Parepare: Umpar.

Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). Pemberian tugas terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas xi smk. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-13.

Nurhasanah. (2003). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pangaribuan, T., & Manik, S. (2018). The Effect of Buzz Group Technique and Clustering Technique in Teaching Writing at the First Class of SMA HKBP I Tarutung. English Language Teaching, 11(1), 164-178.

Purwanto, A. (2012). Metode Buzz Group. from http://www.abdulpurwanto.blogspot.com/2009/05/metode_buzz_group

Riccomini, P. J., Smith, G. W., Hughes, E. M., & Fries, K. M. (2015). The language of mathematics: The importance of teaching and learning mathematical vocabulary. Reading & Writing Quarterly, 31(3), 235-252.

Supriati. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Penilaian Portofolio pada Siswa. (Sarjana Skripsi), UMPAR, Parepare.

Trimo. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: SIC.

Published
2023-02-28
How to Cite
Faridah, F. (2023). Penerapan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Mallusetasi Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(1), 57-67. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/179